Beragam menu makanan yang terbuat dari cokelat selalu ditemukan saat Valentine atau biasa disebut hari kasih sayang yang diperingati tiap 14 Februari. Banyak orang mencari makanan berbahan cokelat yang dikemas secara unik.

Di Kota Surabaya, tepatnya di outlet gourmet dan pastry SBCo yang dimiliki oleh Hotel JW Marriott, menyediakan makanan khas Valentine yang jika orang menginginkannya dianjurkan untuk membelinya secara sepaket.

Makanan yang termasuk dalam kategori Dessert tersebut masing-masing bernama Love Letter, The Rose dan yang terakhir Yuzu Kalamasi. Sebuah kombinasi makanan penutup berbahan cokelat dicampur dengan sejumlah buah.

"Harus dibeli secara sepaket itu, harus tiga, Jadi setelah memberi surat cinta Love Letter, terus ngasih bunga mawar The Rose, dan kalau sudah diterima makan berdua menikmati Yuzu Kalamasi. Ceritanya seperti itu, jadi tidak bisa hanya membeli satu, harus beli sepaket karena ada story behindnya," kata Chef Aji saat peluncuran Valentine's Hampers, Kamis.

Makanan tersebut, menurut dia, terinspirasi dari apa yang ada di kehidupan nyata serta dari pengalamannya.

"Love Letter, inspirasinya saya ingin calling back the memories. Pada saat kita memang benar-benar tidak punya gadget pada zaman dulu, jadi kita masih harus tulis surat cinta buat kekasih, jadi itu inspirasinya," ujarnya.

Rasa manis dan asam yang akan keluar jika kita menyantap Love Letter tersebut, diibaratkan rasa penasaran dari seseorang yang telah mengirim surat cinta untuk sang pujaan.

"Rasanya saya ambil dari coconut sweetness sama coklat putih, kemudian asamnya itu saya dapat dari pineapple. Pineapple fashion Mango dijadiin satu di dalam, jadi ya rasanya itu seimbang," ucap Chef Aji.
 
Makanan edisi valentine The Rose dari SBCo Hotel JW Marriot Surabaya. (ANTARA/Naufal Ammar Imaduddin)


Setelah menikmati Love Letter, kita disuguhi makanan yang berbentuk seperti bunga mawar, yaitu The Rose.

"Saat kita memberi mawar paling cuma bisa dilihat tidak bisa dirasain, besok sudah layu, Jadi saya ingin memberi sesuatu yang bisa dimakan juga bisa dirasain," katanya.

The Rose memiliki rasa kombinasi antara segar, manis dan pahit yang diperoleh dari buah raspberry, dark chocolate dan lime dengan tekstur unik.

Setelah "memakan" bunga, di lanjut untuk menikmati Yuzu Kalamasi dengan cita rasa yang dapat membuat orang menjadi segar kembali.
 
Makanan edisi valentine Yuzu Kalamasi dari SBCo Hotel JW Marriot Surabaya. (ANTARA/Naufal Ammar Imaduddin)


"Setelah kita kasih surat cinta, kasih bunga mawar, kalau seandainya kita keterima kan rasanya fresh dan senang mangkanya saya pilih Yuzu," ujarnya.

Kombinasi antara Yuzu dan Kalamasi, lanjutnya, seperti di charge atau di isi baterai kembali.

"Seperti kita refreshing, akhirnya dapat sesuatu yang benar-benar unik," Ujar Chef Aji.

Selain ketiga makanan tersebut, gourmet dan pastry terbesar dan terlengkap di hotel bintang lima Surabaya tersebut juga menawarkan spesial makanan penutup tanpa gula.

"Untuk yang terakhir, itu spesial desert yang gluten free, itu Exotic Passion, jadi kombinasi antara passion fruit dan pisang sama dark chocolate," katanya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023