Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Jawa Timur, menargetkan masuk dalam sepuluh besar wilayah dengan jumlah desa mandiri terbanyak untuk tingkat nasional.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Dewa Kabupaten Malang Tetuko, dalam keterangan tertulis yang diterima di Kabupaten Malang, Kamis, mengatakan saat ini tengah disiapkan agenda aksi untuk pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) 2023.

"Dalam survei IDM 2023 Kabupaten Malang harus bisa masuk rangking 10 besar atau bahkan lima besar dalam peringkat capaian jumlah desa mandiri secara nasional," kata Tetuko.

Tetuko menjelaskan berdasarkan hasil IDM 2022 menempatkan posisi Kabupaten Malang berada pada rangking 20 besar dengan capaian 91 Desa Mandiri, 241 Desa Maju, dan tersisa 46 Desa berkembang.

Menurutnya, diharapkan pada 2023 di wilayah Kabupaten Malang sudah tidak ada lagi desa berkembang. Sebanyak 46 desa berkembang di wilayah Kabupaten Malang, diharapkan bisa naik status menjadi Desa Maju atau menjadi Desa Mandiri.

"Target lainnya yaitu Zero Desa Berkembang atau 46 desa berkembang tahun ini semuanya mesti naik status menjadi Desa Maju, bahkan bila memungkinkan langsung menjadi Desa Mandiri," ujarnya.

Ia menambahkan Pemkab Malang optimistis target tersebut bisa tercapai dengan dukungan semua pihak, baik pemerintah desa, serta tim tenaga pendamping profesional Kabupaten Malang yang jumlahnya mencapai 180 orang.

"Dalam simulasi uji petik belum lama ini, 10 Desa Berkembang ketika dilakukan survei terkait status desa ternyata semuanya berpotensi menjadi Desa Mandiri," katanya.

Dengan demikian sebanyak 46 Desa Berkembang yang ada hampir dipastikan seluruhnya akan naik kelas. Sementara untuk capaian jumlah Desa Mandiri diharapkan ada lompatan besar dibandingkan capaian IDM 2022 lalu, sehingga bisa masuk papan atas peringkat nasional.

Koordinator Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Malang, Winartono menyatakan pihaknya akan mempersiapkan tim untuk pencapaian target Pemkab Malang dalam survei IDM 2023.

"Target besar Pemkab Malang pada capaian IDM 2023 bisa direalisasikan," katanya.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023