Salah satu yang terkandung secara alami dalam tubuh manusia adalah asam hialuronat atau hyaluronic acid.

Seiring dengan pertambahan usia, kandungan asam hialuronat dalam tubuh akan menurun sehingga menyebabkan peningkatan kerutan yang menyebabkan kulit tampak keriput. 

Berbagai perusahaan kosmetik telah membuat produk dari asam hialuronat yang dapat bertahan lebih lama di jaringan lunak tubuh manusia. 

Brand General Manager L'Oréal Paris Indonesia Ceren Hepyalniz menyebut pilihan asam hialuronat sebagai bahan pelembap telah mengguncang industri kecantikan sehingga sampai sekarang memicu lahirnya berbagai inovasi yang melahirkan banyak produk di pasaran. 

"Kami melakukan riset dan mengidentifikasi bahwa perpaduan spesifik makro dan mikro asam hialuronat memiliki keampuhan dan keefektifan yang paling memuaskan untuk perawatan kulit dan rambut," katanya di Surabaya, Rabu. 

L'Oréal, lanjut Ceren, sekitar dua tahun lalu, telah mengenalkan racikan eksklusif yang memadukan makro dan mikro asam hialuronat ke dalam berbagai produknya yang sampai sekarang terbilang sukses terjual dalam skala global maupun lokal di Indonesia. 

"Popularitas asam hialuronat sebagai produk must-have bagi para beauty enthusiast terus meningkat ketika para beauty insiders mulai mengikuti tren viral memakainya sebagai serum pada rambut. Banyak yang mengakui efektif untuk melembabkan rambut kering dan menjadi lebih lembut," ujarnya. 

Pakar kecantikan dr Tisha Dionetta memberi penjelasan bahwa seperti halnya pada kulit, asam hialuronat bekerja sama efektifnya untuk rambut.

"Kombinasi makro dan mikro asam hialuronat diserap lebih efisien oleh lapisan kulit yang lebih dalam dan juga batang rambut untuk memberikan pemulihan yang lebih baik. Sifat utama asam hialuronat terletak pada kemampuannya mengikat hingga seribu kali berat air pada kulit dan batang rambut," katanya. 

Tisha memastikan sangat baik menggunakan asam hialuronat pada rambut yang kering disebabkan oleh paparan sinar matahari, udara AC, pewarnaan rambut, pengeritingan maupun pelurusan. 

"Sama baiknya digunakan pada rambut lurus, bergelombang dan keriting," ucapnya.  
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023