Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani melepas sebanyak 1.743 orang warga nahdliyin untuk menghadiri Resepsi Puncak Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang bakal digelar di Stadion Delta Sidoarjo, Selasa (7/2).

Rombongan nahdliyin diberangkatkan dari dua tempat, yakni Kantor PCNU Banyuwangi dan kawasan Genteng oleh Bupati Ipuk bersama Rais Syuriah PCNU Banyuwangi K.H. Zainullah Marwan dan Ketua PCNU Banyuwangi K.H. Ali Makki Zaini.

"Besok di Sidoarjo diperkirakan ada satu juta warga NU dari seluruh Indonesia yang hadir. Jaga diri dan ikuti apa yang diarahkan panitia atau petugas keamanan," kata Ipuk di hadapan rombongan.

Bupati juga mengimbau kepada para jamaah untuk turut mendoakan Banyuwangi.

"Nanti juga ada istigosah dan doa bersama yang dipimpin para kiai sepuh. Mohon doakan Banyuwangi agar diberikan keberkahan selalu," katanya.

Jumlah warga nahdliyin Banyuwangi yang berangkat tidak kurang dari 1.743 orang. Mereka mengendarai 18 bus, 13 minibus (elf) dan 45 unit kendaraan pribadi.

Rombongan terbagi dalam dua titik pemberangkatan, selain dari Kantor PCNU Banyuwangi juga dilepaskan dari Terminal Wiroguno Genteng bagi jamaah yang berasal dari Banyuwangi selatan.

"Jumlah ini yang terdata. Selain ini, masih banyak lagi yang berangkat secara mandiri. Seperti halnya rombongan dari Kemenag Kabupaten Banyuwangi yang hampir seribu orang," kata Ketua PCNU Banyuwangi K.H. Ali Makki Zaini.

Gus Makki, sapaannya, juga berpesan kepada Banser dan Pagar Nusa memastikan keamanan dan keselamatan jamaah.

"Berangkat bersama, pulang juga harus bersama. Jangan sampai ada jamaah yang terpisah karena di sana akan sangat ramai," kata Gus Makki berpesan.

Puncak resepsi Satu Abad NU yang dipusatkan di Sidoarjo ini akan digelar selama 24 jam. Mulai dari Selasa (7/2) dini hari hingga larut malam.

Diisi dengan istigasah dan doa bersama, seremoni bersama Presiden Joko Widodo, kirab budaya hingga pesta rakyat yang dihadiri artis papan atas seperti Rhoma Irama, Maher Zein, Slank dan lain-lain.

Rangkaian peringatan seabad NU sendiri digelar di beberapa kota, salah satunya di Kabupaten Banyuwangi. Di ujung timur Jawa ini digelar Festival Tradisi Islam Nusantara yang rencananya dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.(*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023