Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengharapkan Banyuwangi Festival 2023 yang menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya menjadi sarana pertumbuhan ekonomi.

"Lewat Banyuwangi Festival ini diharapkan pariwisata semakin maju, kunjungan wisatawan terus bertambah yang akhirnya akan berimbas pada peningkatan perekonomian warga," ujar Bupati Ipuk di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu.

Kalender pariwisata tahunan yang secara resmi diluncurkan di Taman Blambangan Banyuwangi Sabtu (4/2) malam itu, kata dia, terdapat sebanyak 55 event atraktif yang bakal digelar sepanjang tahun 2023.

Tidak hanya pariwisata, lanjut Ipuk, berbagai sektor juga diangkat dalam agenda Banyuwangi Festival tahun ini di antaranya sport tourism, pendidikan, kuliner dan masih banyak lainnya.

Dia menjelaskan secara kuantitas agenda yang tersaji dalam Banyuwangi Festival 2023 lebih sedikit bila dibandingkan tahun sebelumnya namun durasi tiap event diperpanjang.

"Wisatawan akan selalu bisa menikmati hiburan karena durasi setiap even kami perpanjang. Tidak hanya sehari, namun ada yang sampai seminggu bahkan sebulan penuh. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir ketinggalan," kata Bupati Ipuk.

Dia mencontohkan seperti Festival Budaya Blambangan yang digelar tanggal 4-10 Juni, Festival Kitab Kuning 10-17 Juni, Sepekan Taman Suruh 16-22 Juli dan berbagai festival lainnya.

Menandai dimulainya event Banyuwangi Festival 2023, pertama kali digelar adalah Banyuwangi Culture Everyweek (BCE).

Pentas seni dan budaya yang digelar tiap akhir pekan ini, pelajar SD hingga SMA dari berbagai kecamatan menampilkan beragam atraksi seni dan budaya secara bergiliran.

"Ini sekaligus upaya pelestarian budaya dan tradisi lokal. Lewat agenda ini kami kenalkan seni dan budaya asli Banyuwangi kepada generasi muda, sehingga mereka bisa mengenal, mencintai dan bangga budaya daerahnya," kata Bupati Ipuk.

Bupati perempuan itu menambahkan ajang ini juga menjadi sarana merajut harmoni dalam setiap pelaksanaan para pelajar dari berbagai sekolah dan kecamatan akan saling bertemu dan berkolaborasi menyajikan suguhan yang atraktif.

"Kalau biasanya mereka sibuk sendiri-sendiri dengan gawai-nya, di sini secara tidak langsung mereka akan belajar bersinergi, bekerja sama," ujar dia.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi M Yanuarto Bramuda menjelaskan bahwa Banyuwangi Festival 2023 dikemas dengan konsep berbeda.

"Misalnya Festival Budaya Blambangan terdiri dari berbagai atraksi seni, seperti Petik Laut Muncar, Petik Laut Lampon. Banyuwangi Traditional Ritual yang terdiri dari pertunjukan seni Seblang, Barong Ider Bumi dan lainnya," ujar dia.

Begitu pula dengan Banyuwangi Music Festival, yang merupakan pekan musik di Banyuwangi, mulai dari Festival Gendhing Osing hingga Festival Band Pelajar.

"Dengan konsep yang berbeda ini diharapkan akan berdampak pada lama masa tinggal para wisatawan yang tentunya akan berimbas pelaku UMKM," tuturnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023