Kepolisian Resor Madiun menggelar operasi katarak gratis sebagai bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat dan mendukung program pemerintah untuk menurunkan angka kebutaan.

Kapolres Madiun AKBP Anton Prasetyo mengatakan operasi mata katarak dilakukan kepada sebanyak 15 warga Kabupaten Madiun yang menjadi sasaran di Rumah Sakit Bhayangkara Nganjuk.

"Pada kesempatan ini sengaja saya mendampingi para peserta operasi katarak karena ingin memastikan langsung semua berjalan lancar dan sukses," ujar AKBP Anton, Selasa.

Menurut dia, operasi katarak gratis tersebut bertujuan untuk meringankan beban masyarakat penderita katarak yang ada di Kabupaten Madiun sehingga mendapatkan kesembuhan.

Operasi katarak itu sangat bermanfaat bagi masyarakat penderita penyakit tersebut. Terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki jaminan sosial layanan kesehatan.

"Semua pengobatan ini gratis. Semua biaya pengobatan, sepenuhnya ditanggung Polres Madiun termasuk transportasi ke Nganjuk kami antar dengan kendaraan dinas," kata dia.

Pihaknya ingin, melalui kegiatan tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Selain itu juga upaya mendekatkan Polri dengan masyarakat, memberikan manfaat yang nyata, dan langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Setelah operasi dilakukan, nantinya Dokkes Polres Madiun akan melakukan pemantauan dan pendampingan selama masa penyembuhan dengan mendatangi rumah masing-masing pasien.

"Pendampingan pascaoperasi terus dilakukan hingga kembali ke rumahnya pasien," tutur Kapolres.

Sementara, para peserta operasi katarak mengungkapkan kegembiraannya dan ucapan terima kasih kepada Polres Madiun dan Rumah Sakit Bhayangkara Nganjuk yang telah menggelar operasi katarak gratis.

Diharapkan kegiatan serupa akan lebih sering dilakukan, sehingga bisa lebih banyak menyasar warga Kabupaten Madiun yang membutuhkannya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023