Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menekankan pentingnya membangun peradaban melalui pendidikan mengingat tantangan ke depan sangat kompleks.

"Maka dibutuhkan peran serta banyak pihak, termasuk pesantren untuk bisa mencetak generasi yang berprestasi sehingga bisa menjawab tantangan zaman  dan berakhlakul karimah," katanya saat meresmikan Masjid Kanzul Arsy, sekaligus meluncurkan Institut Agama Islam (IAI) Al Fatimah di Pondok Pesantren Al Fatmah, Bojonegoro, Sabtu.

Mantan Menteri Sosial itu mengungkapkan bahwa pendidikan yang berkualitas menjadi modal utama dalam mewujudkan peradaban.

Dengan diluncurkannya IAI Al Fatimah, Khofifah berharap menjadi media bagi para santri untuk bersiap menghadapi segala tantangan global dengan berbekal ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama yang kuat.

"Insya Allah kedalaman ilmu umum dan agamanya bisa berseiring. Mudah-mudahan memberikan manfaat  yang besar bagi masyarakat, bangsa dan negara," ujarnya.

Gubernur Khofifah menandaskan pesantren memiliki andil besar dalam menumbuhkembangkan peradaban yang dilandasi akhlak kuat.

“Perkembangan zaman saat ini menuntut adanya peradaban yang harus berseiring dengan budi pekerti atau akhlak yang luhur dan santun.Kalau membangun peradaban bisa dimulai dari pendidikan tapi kalau membangun akhlak harus diperbanyak ibadahnya. Dalam kondisi seperti inilah pesantren menjadi bagian yang sangat penting untuk memberikan penguatan bangunan akhlakul karimah," tuturnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023