Kuliner sompil tentunya tidak asing lagi bagi penikmat makanan. Kuliner ini banyak ditemukan di Tulungagung, Jawa Timur. 

Zaman dahulu, kuliner ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk bekal di ladang. Kuliner ini awet, karena dimasak dengan cara dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan dimasak berjam-jam sehingga tanak. Orang banyak menyebutnya lontong. 

Kendati kuliner jadul, menu ini tetap menjadi incaran hingga kini. Dari berbagai antero di Tulungagung, banyak orang jualan sompil. Salah satunya adalah Tumini, penjual sompil, warga Desa Pojok, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung.

Tumini sudah sekitar delapan tahun jualan sompil. Ciri khas kuliner yang dijualnya adalah sompil pedas. 
 
Pelanggan sedang menunggu pesanan sompil di Desa Pojok, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung. ANTARA/Asmaul Chusna


Sompil ini bahannya dari beras yang kemudian dibungkus dengan daun pisang dimasak hingga 2-3 jam. Sekali masak, dirinya bisa menghabiskan lebih dari 5 kilogram beras. 

Untuk melengkapi kuliner ini, adalah sayur lodeh. Sayur ini campuran berbagai macam sayuran di antaranya pepaya mengkal, kacang panjang, gori atau rebung, kacang tolo, dan berbagai sayuran lainnya. 

Semua dimasak campur dengan beragam bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan berbagai bumbu lainnya. Tak lupa santan agar sayur semakin gurih. 

Membuat bumbu sayur, Tumini mengaku bisa menghabiskan sekitar 1-2 kilogram cabai, tergantung pedas yang diinginkan. Namun, beberapa pelanggan sempat keberatan dengan rasa pedas dari sayur yang dibuatnya, sehingga cabai dikurangi.

"Kalau ciri khasnya memang pedas, tapi tetap menyesuaikan dengan pelanggan. Dulu sempat diberi masukan karena rasa pedasnya sangat pedas, jadi sekarang dikurangi," katanya.

Satu porsi sompil ala Tulungagung ini, isinya antara lain lontong diiris kecil-kecil, disiram dengan sayur pedasnya, kemudian ditaburi dengan kedelai bubuk. Tak lupa lauknya ada peyek kacang dan kerupuk. 

Seporsi sompil ukuran jumbo ini pun terjangkau, hanya Rp7.000 saja. Murah kan.. Selain pedas bagi yang penyuka pedas, tentunya porsi itu cukup mengeyangkan. 

Selain sompil, ada beragam kuliner lain yang bahannya dari lontong di antaranya lontong tahu, sego tahu (nasi tahu), dan berbagai kuliner lainnya. 

Bagi yang penasaran, saat mampir ke Tulungagung, bisa mencoba kuliner sompil pedas ini. Lokasinya Desa Pojok, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung, perbatasan dengan Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri. (*)
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023