Tim juara bertahan Proliga, Jakarta LaVani Allo Bank diambang juara putaran pertama kejuaraan bola voli paling bergengsi di Tanah Air sesuai mengalahkan Palembang Bank SumselBabel di GOR PSCC Palembang, Kamis (19/1), 3-2 (25-16, 21-25, 25-20, 22-25, 15-12).

Jakarta LaVani Allo Bank berdasarkan data yang dihimpun di Palembang, Jumat, kokoh di puncak klasemen sementara PLN Mobile Proliga 2023 dengan raihan 16 poin dan enam pertandingan. Tim milik Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ini bahkan belum pernah kalah.

Predikat juara putaran pertama langsung bisa disandang Dio Zulfikri dan kawan-kawan jika pada laga terakhir putaran pertama pekan ketiga di Palembang dengan melawan Jakarta Bhayangkara Presisi pada Sabtu (21/1) bisa meraih hasil maksimal.

Melihat peluang juara putaran pertama di depan mata, asisten pelatih Jakarta LaVani Allo Bank Samsul Jais mengatakan bahwa jajaran pelatih meminta kepada para pemainnya agar tidak membuat kesalahan yang mendasar. Hal tersebut dilakukan agar langkah ke final four tidak terganjal.

"Juara putaran pertama belum apa-apa. Perjalanan kita masih jauh," kata mantan pelatih timnas putra itu.

Baca juga: Proliga 2023: Ngotot jadi kunci kemenangan Bhayangkara Presisi atas STIN BIN

Menurut dia, saat menghadapi Palembang Bank SumselBabel timnya sudah sudah menemukan formulasi bermain yang tepat untuk mengamankan posisi di empat besar atau final four.

"Ini kentara pada set kelima. Anak-anak bisa menyerang karena ada defence, sehingga kita bisa counter attack dan menutup pertandingan untuk kemenangan LavAni,” kata Samsul Jais menegaskan.

Pelatih Palembang Bank SumselBabel, Joungtaek Lee mengungkapkan pertarungan timnya dengan LavAni adalah pertarungan yang sangat ketat meski secara umum kurang puas dengan hasil akhirnya.

Menurut pelatih asal Korea Selatan itu mengaku akan semaksimal mungkin menyiapkan tim demi mengambil tempat di final four. Apalagi masih ada dua pertandingan yang diharus dijalani.

Palembang Bank SumselBabel pada laga berikutnya akan menjamu tim Kudus Sukun Badak (21 Januari) dan Jakarta BNI 46 (22 Januari).

Sementara itu, Kapten tim Gunawan mengaku akan segera memperbaiki banyaknya kesalahan terkhusus saat menyerang dalam pertandingan menghadapi juara bertahan Proliga tahun lalu ini. Pihaknya optimistis timnya bakal lebih baik

“Hasil evaluasi bisa dilihat saat lawan LaVani. Tim mulai menunjukkan peningkatan dibanding pekan pertama dan kedua. Dua match selanjutnya kita akan membuktikan bisa lebih baik lagi," katanya.

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023