Jawa Timur (Jatim) menempati urutan teratas sebagai provinsi dengan hutan mangrove terluas di Pulau Jawa, berdasarkan peta mangrove nasional tahun 2021.

"Total hutan mangrove di Jatim seluas 27.221 hektare. Jika dipersentase, sebesar 48 persen hutan mangrove se- Jawa berasal dari Jatim," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, mengutip data dari peta mangrove nasional tahun 2021, di Surabaya, Kamis.
 
Komposisi hutan mangrove di Jatim, terdata kerapatan lebat sebesar 47,26 persen, kerapatan sedang 46,08 persen dan kerapatan jarang 6,66 persen.

Selain mangrove eksisting yang sudah ada, berdasarkan sumber data yang sama, Jatim memiliki potensi hutan mangrove terluas se-Jawa, yaitu 51.557 hektare atau sekitar 35 persen. 

Gubernur Khofifah mengungkapkan bahwa keaktifan menanam mangrove sengaja dilakukan sebagai upaya nyata Pemprov Jatim bersama seluruh elemen masyarakat dalam rangka menurunkan emisi gas rumah kaca.

"Menanam mangrove adalah upaya kita bersama untuk mewujudkan Net Zero Emission di tahun 2060. Alhamdulillah dengan terus menanam di sangat banyak titik di kabupaten kota di Jatim, saat ini hutan mangrove Jatim merupakan yang terluas di Pulau Jawa," ucapnya. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023