Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur melakukan kolaborasi dengan pihak Taman Nasional Meru Betiri untuk mengelola wisata di kawasan konservasi tersebut.

Bupati Jember bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Jember Hendro Soelistijono dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Harry Agustriono menggelar audiensi dengan Kepala Balai TN Meru Betiri Nuryadi bersama sejumlah jajarannya di Pendapa Wahyawibawagraha Jember, Kamis.

"Kami ingin berkolaborasi dengan pihak TN Meru Betiri, sehingga dalam waktu dekat akan dibuat nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama untuk mengelola wisata di kawasan taman nasional tersebut," tuturnya.

Ia menjelaskan Pemkab Jember akan mendukung jalur sarana dan prasarana supaya masyarakat bisa berwisata ke Pantai Bandealit yang berada di kawasan TN Meru Betiri.

"Tahun ini kami berharap jalan yang ada di Meru Betiri bisa mulus semuanya. Ke depan,kami mengajak serta mengundang siapa pun untuk berwisata di sana dengan satu syarat yakni tetap menjaga kelestarian hutan," katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Taman Nasional Beru Betiri Nuryadi mengatakan bahwa pembangunan wisata merupakan suatu upaya untuk membangun ekonomi masyarakat sekitar, sehingga masyarakat bisa memperoleh hasil termasuk untuk melestarikan Meru Betiri.

"Harapannya tahun ini akses TN Meru Betiri dapat benar-benar rampung karena banyak potensi menarik di sana. Ada potensi pantai, potensi hutan sebagai ekowisata, termasuk untuk objek penelitian juga," ujarnya.

Salah satu objek wisata di kawasan TN Meru Betiri adalah Pantai Bandealit yang memiliki panorama alam yang sangat indah dengan pemandangan laut dihiasi dengan perbukitan, hutan mangrove, serta gunung.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023