PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember menghijaukan stasiun dengan melakukan penanaman pohon untuk menyukseskan program Gerakan Satu Juta Pohon di Kabupaten Jember.

"Penanaman pohon itu merupakan salah satu upaya KAI dalam mendukung program pemerintah yaitu Gerakan Satu Juta Pohon yang diperingati setiap tanggal 10 Januari," kata Vice President KAI Daop 9 Broer Rizal di Jember, Selasa.

Menurutnya, penanaman pohon secara serentak juga merupakan salah satu bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan KAI melalui program "KAI Go Green".

"Program penghijauan melalui penanaman pohon serentak itu ditujukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan dapat menangkal polusi udara," tuturnya.

Ia menjelaskan penanaman pohon merupakan salah satu pelaksanaan program strategis perusahaan yang sesuai dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari PBB terkait melindungi, merestorasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem daratan.

"Pelaksanaan penghijauan di Daop 9 Jember dilaksanakan di Stasiun Ketapang dan Stasiun Jember dengan menanam 56 pohon buah-buahan," katanya.

Broer mengatakan secara keseluruhan penanaman serentak juga dilakukan di berbagai stasiun, lingkungan kantor dan aset perusahaan lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas udara agar semakin baik.

"Langkah penghijauan di stasiun juga dilakukan dengan pembuatan taman-taman di area stasiun yang merupakan bagian dari peningkatan pelayanan kepada para penumpang KA," ujarnya.

Dengan semakin banyak stasiun yang asri dan indah maka penumpang KA akan merasa nyaman saat akan menggunakan layanan kereta api.

"Di samping itu, penanaman pohon secara masif merupakan salah satu upaya untuk mengamankan jalur kereta api dari bahaya longsor dan banjir yang membahayakan perjalanan kereta api," katanya.

PT KAI telah melakukan penanaman pohon sebanyak 77.000 pohon hingga Desember 2022 dan pada awal 2023 pihak KAI memulai tahun dengan penanaman pohon untuk menunjukkan bahwa KAI tidak hanya mencari keuntungan melalui operasional kereta api, tetapi juga menaruh kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

"Gerakan KAI dalam Hari Gerakan Satu Juta Pohon ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya mengurangi pemanasan global sekaligus membantu pemerintah dalam pencapaian target emisi nol pada tahun 2060," ucapnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023