Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko meminta anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang baru dilantik dapat mewujudkan Pemilu 2024 yang berkualitas dan bermartabat.

"Agar tahapan-tahapan pemilu ke depan dapat mencerminkan bahwa Kabupaten Probolinggo benar-benar siap melaksanakan pemilu yang berkualitas dan bermartabat, tidak hanya dari sisi pelaksanaan, tetapi juga dari sisi kondusif daerah yang solid," katanya saat memberikan sambutan dalam pelantikan PPK di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Rabu.

Menurutnya, pelantikan PPK merupakan bagian dari upaya untuk semakin memperkokoh komitmen agar dalam pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Probolinggo dapat terlaksana dengan baik, aman, damai, dan sejuk.

"Pemilu memiliki arti yang sangat penting dan strategis dalam proses penyelenggaraan dan pengelolaan bangsa dan negara karena akan memilih pemimpin-pemimpin nasional maupun daerah," tuturnya.

Timbul mengatakan PPK memegang peranan strategis terutama dalam penyiapan seluruh personel yang akan terlibat dalam agenda penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Itu merupakan entry point untuk mewujudkan pesta demokrasi yang mempunyai legitimasi di hadapan rakyat sebagai pemilik kedaulatan," katanya.

Timbul meminta seluruh penyelenggara pemilu memegang prinsip pemilu secara global, meliputi independensi, imparsialitas, integritas, transparansi, efisiensi, profesionalisme dan pelayanan publik.

"Apabila prinsip tersebut bisa dijalankan, Insyaallah kepercayaan publik akan semakin kuat kepada KPU, PPK dan jajarannya karena hal itu berdampak terhadap partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024," ujarnya.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim mengatakan 120 anggota PPK Pemilu 2024 yang dilantik merupakan pilihan terbaik dari yang baik karena animo pendaftarnya luar biasa hingga mencapai 1.643 orang.

"Saya minta anggota PPK agar segera berkoordinasi dengan camat untuk membentuk kesekretariatan karena PPK membutuhkan tiga orang tenaga kesekretariatan sehingga nantinya bisa segera diterbitkan SK," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023