Pesawat Grand Caravan untuk penerbangan komersial di Bandara Notohadinegoro, Kabupaten Jember, Jawa Timur, terbang lebih awal dari jadwal semula untuk mengantisipasi terjadinya cuaca buruk pada Sabtu sore.

"Sesuai jadwal harusnya terbang dari Bandara Notohadinegoro Jember pada pukul 16.00 WIB, namun hari ini pesawat takeoff dari bandara pada pukul 13.30 WIB," kata Kepala Dinas Perhubungan Jember Agus Wijaya saat dihubungi per telepon di Jember.

Menurutnya petugas selalu melakukan pemantauan cuaca dan koordinasi dengan pihak BMKG dan AirNav sebelum penerbangan dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama penerbangan.

"Sore hari selalu hujan dan terkadang cuaca ekstrem, sehingga jadwal penerbangan di Bandara Notohadinegoro Jember pada sore hari dievaluasi agar penerbangan bisa tetap dilakukan dan tidak dibatalkan," tuturnya.

Agus mengakui bahwa ada penurunan jumlah penumpang menjelang akhir tahun di Bandara Notohadinegoro, namun setiap hari selalu ada penerbangan dari Jember maupun Surabaya.

"Okupansi penumpang terkadang di bawah 50 persen, sehingga nantinya akan dievaluasi oleh pihak ketiga karena pihak Pemkab Jember masih memberikan tiket promo hingga akhir Maret 2023. Mudah-mudahan tahun depan bisa meningkat kembali jumlah penumpangnya," katanya.

Sementara Kepala UPT Bandara Notohadinegoro Edi Purnomo mengatakan penerbangan pesawat Grand Caravan lebih awal sudah melalui standar operasional prosedur (SOP) penerbangan, sehingga dimungkinkan untuk menjadwal ulang jadwal keberangkatan pesawat tersebut.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak AirNav dan beberapa pihak yang berkompeten terkait jadwal penerbangan yang dimajukan karena untuk mengantisipasi cuaca buruk," ujarnya.

Bupati Jember Hendy Siswanto melakukan soft launching penerbangan komersial dengan menggunakan pesawat carter Grand Caravan yang berkapasitas 12 orang di bandara yang berada di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, pada 22 Desember 2022.

Jadwal keberangkatan pesawat tersebut yakni pukul 06.00 - 06.30 WIB dari Jember menuju Surabaya, kemudian jam 06.45 hingga 07.15 WIB dari Surabaya menuju Jember.

Selain itu, ada juga jadwal pukul 16.00 - 16.30 WIB dari Jember ke Surabaya dan pada pukul 16.45 sampai 17.15 WIB mendarat di Bandara Notohadinegoro Jember.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022