Tim Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Kepolisian Daerah Jawa Timur mengecek Pos Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, serta gereja di Kabupaten Jember, Minggu.

Tim Pamatwil Polda Jatim terdiri atas Kepala Bidang Hukum Polda Jatim Kombes Pol Adi Karia Tobing dan AKBP Gathut Bowo Supriyono didampingi Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo mengecek dua lokasi, yakni Pos Pengamanan Terpadu di Alun-alun dan Gereja Sharon di Kecamatan Kaliwates.

"Kami memberikan arahan kepada kepala pos pengamanan dan anggota yang melaksanakan tugas untuk berhati-hati dan melakukan antisipasi agar terlaksana kegiatan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 aman dan kondusif," kata Kombes Pol Adi Karia Tobing di Jember.

Menurutnya, pengecekan secara langsung dilaksanakan guna memastikan kesiapan seluruh personel dan tim dalam upaya tugas melayani, menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran arus lalu lintas selama libur Natal dan Tahun Baru 2023.

"Melalui pos-pos pengamanan yang telah disiagakan, seluruh personel dan tim yang terlibat harus proaktif mewaspadai dan berjaga terhadap berbagai tindakan kejahatan dan pelanggaran yang mungkin akan terjadi, khususnya tindakan terorisme," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, mengantisipasi tindakan kejahatan jalanan malam hari dan kecelakaan lalu lintas selama libur Natal dan Tahun Baru 2023 karena biasanya kepadatan arus lalu lintas terjadi.

Pamatwil Polda Jatim bersama Kapolres Jember melakukan pengecekan dan pemeriksaan kelengkapan anggota dan inventaris pos terkait berbagai sarana dan prasarana pendukung sebagai penunjang suksesnya pelaksanaan tugas pengamanan.

Sementara itu, sebanyak 379 personel gabungan diterjunkan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 di Kabupaten Jember dengan rincian sebanyak 254 personel Polres Jember dan 125 personel dari instansi lain.

Kabag Ops Polres Jember Kompol Thoha mengatakan sebanyak 379 personel gabungan tersebut terdiri atas Polri, TNI, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, dan Perhutani.

Polres Jember, katanya, menyiagakan lima posko pengamanan dan pelayanan terpadu yang tersebar di Alun-aun Jember, Terminal Tawangalun, Objek Wisata Pantai Pancer, Pantai Watu Ulo, dan Pos Pengamanan di Jalur Gumitir.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022