Komunitas Warteg (Kowarteg) Jawa Timur mendistribusikan ratusan paket bantuan berupa sembilan bahan pokok, makanan siap saji hingga peralatan kuliner kepada pedagang Pasar Minggu Pagi di kawasan Desa Masanganwetan, Kabupaten Sidoarjo, Ahad.

"Total ada 300 bantuan yang kami distribusikan," ujar Koordinator Kowarteg Jawa Timur Kiki Kurniawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Surabaya.

Para penerima manfaat merupakan pedagang kecil di pasar, pedagang kaki lima, dan masyarakat prasejahtera di area pasar.

Ia menjelaskan, latar belakang melakukan kegiatan tersebut karena melihat kondisi dan keprihatinan masyarakat yang mengeluh atas kondisi ekonomi sedang sulit.

"Dengan hadirnya Kowarteg di sini, diharapkan bisa membantu persoalan-persoalan itu," ucapnya.

Lewat kegiatan ini, Kowarteg Jatim berharap bantuan yang mereka berikan bisa untuk memenuhi kebutuhan pangan para penerima manfaat untuk beberapa waktu ke depan. 

Komunitas tersebut berkomitmen kembali melakukan kegiatan bermanfaat lainnya di wilayah lain di Jatim, termasuk menggelar pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya para pedagang dan pelaku usaha kecil di Jatim.

"Yang pasti, kegiatan ini terinspirasi dari gerakan-gerakan Pak Ganjar Pranowo yang aktif di program-program sosial. Kami ingin mengadopsi itu," tutur Kiki Kurniawan.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022