Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengukuhkan Duta Pancasila terhadap sebanyak 1.147 Purna Paskibraka tahun 2021 asal 38 kabupaten/kota di wilayah provinsi setempat.

Pengukuhan ditandai dengan penyematan pin dan penyerahan piagam secara simbolis kepada dua orang perwakilan Purna Paskibraka Duta Pancasila.

"Surat Keputusan penetapan Duta Pancasila Jatim ditandatangani oleh Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia," kata Gubernur Khofifah melalui keterangan tertulis di Surabaya, Minggu.

Menurutnya Duta Pancasila merupakan tugas yang sangat mulia dan luhur.

"Menjalankan tugas mulia biasanya membutuhkan pengorbanan dan setiap pengorbanan besar pahalanya," ujar Gubernur Khofifah, mengutip kalimat yang pernah disampaikan Almarhum Mantan Presiden RI KH Abdurrachman Wahid atau akrab disapa Gus Dur.

Mantan Menteri Sosial RI itu menjelaskan tugas Duta Pancasila adalah menjadi bagian pagar sekaligus penguat pondasi untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Oleh karena itu saya mengajak kita semua untuk menyatukan pikiran, gerakan, dan barisan bahwa negeri ini butuh pagar kuat untuk menjaga NKRI agar penuh  perdamaian, persatuan, kesatuan dan persaudaraan," tuturnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022