Ketersediaan tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) di wilayah Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya baik keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasar Turi, maupun Stasiun Malang masih tersedia jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangannya di Surabaya, Jumat, mengatakan, sampai dengan Selasa (13/12) tiket KA masa libur Natal dan Tahun Baru telah terjual sebanyak 144.925.

"Jumlah penjualan tiket tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung secara daring," katanya.

Luqman mengimbau, kepada calon pelanggan agar dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru sudah dapat dipesan sejak 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih.

"Apabila calon pelanggan ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur daring yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS," ucapnya.

Selain pengecekan ketersediaan tiket, lanjutnya, aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket.

Selain itu, dapat juga dilakukan melalui agen resmi penjualan daring dan retail yang sudah bekerjasama dengan pihak KAI.

"Pada libur Nataru ini, KAI menerapkan masa angkutan selama 18 hari mulai dari tanggal 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023," ujarnya.

Menurut Luqman, berdasarkan data penjualan tertinggi tanggal favorit masyarakat menggunakan moda transportasi kereta api yaitu pada 23 Desember 2022, sebanyak 14.921 tiket telah dipesan untuk keberangkatan pada tanggal tersebut.

"Sebanyak 14.921 tiket telah dipesan untuk tanggal tersebut dan kota tujuan favorit penumpang KA jarak jauh yakni Jakarta, Bandung, Jember, Banyuwangi, serta Yogyakarta," kata Luqman.

Selain itu, pihaknya mengingatkan pada calon pelanggan agar memperhatikan kembali ketentuan perjalanan menggunakan KA sesuai Surat Edaran 84 Kementerian Perhubungan RI yang berlaku sejak 30 Agustus 2022, agar terhindar dari resiko gagal berangkat karena persyaratan tidak lengkap.

"Jika terjadi, pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan diarahkan untuk melakukan pembatalan tiket sesuai aturan normal di loket masing-masing stasiun," ujarnya.

Untuk informasi lebih lanjut terkait KA Tambahan dan penjualan tiket pada masa Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. (*)

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022