Kepolisian Resor (Polres) Madiun Kota menyiagakan sebanyak 400 personel gabungan untuk mengamankan kegiatan masyarakat selama momentum Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dalam Operasi Lilin Semeru 2022.

"Nanti ada 400 orang lebih pasukan gabungan yang disiapkan untuk pengamanan natal dan tahun baru. Dari jumlah tersebut, sebanyak 300 di antaranya dari kepolisian," ujar Kapolres Madiun Kota AKBP Suryono terkait kesiapan Operasi Lilin Semeru 2022 di wilayah Kota Madiun, Rabu.

Menurut dia, selain siagakan ratusan personel, pihaknya juga sudah menyiapkan sejumlah titik pos pelayanan dan keamanan, di antaranya di Alun-Alun Kota Madiun, stasiun, terminal, kawasan Mal Sun City, dan Jalan Pahlawan.

"Dalam waktu dekat nanti, kami juga akan melaksanakan gelar pasukan Operasi Lilin Semeru Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Ada sejumlah titik yang menjadi fokus kami, termasuk 54 gereja di Kota Madiun," kata dia.

Dia menambahkan personel pengaman juga masih ditambah dari unsur masyarakat. Salah satunya dari unsur perguruan pencak silat. Pihaknya juga terus melakukan patroli untuk tempat-tempat penting termasuk rumah pejabat dan titik kerawanan lainnya.

Selain itu, sistem keamanan di Mapolres Madiun Kota juga semakin diperkuat. Salah satunya, dengan menutup pagar saat malam dan hanya disiapkan bel khusus.

Tujuannya agar tidak ada pengunjung yang langsung menyelonong masuk. Hal itu penting sebagai antisipasi aksi teror seperti di Bandung.

"Prinsipnya, kami dibantu jajaran pemkot dan TNI setempat terus berupaya mewujudkan keamanan dan kenyamanan di Kota Madiun," tuturnya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022