Perpustakaan Universitas Kristen Petra membuat pohon natal yang diberi nama Worldwide Christmas Tree untuk menyambut Hari Raya Natal.

"Worldwide Christmas Tree ini melambangkan bahwa Kristus datang ke dunia sebagai juru selamat untuk semua manusia, tanpa memandang benua, negara, wilayah maupun suku bangsa," kata Kepala Perpustakaan UK Petra, Dian Wulandari di Surabaya, Senin.

Dia berharap damai Natal kali ini turun ke bangsa-bangsa, sehingga peperangan dapat dihentikan dan tidak terjadi resesi di banyak negara.

Dian merinci, tiap tahunnya selalu menyajikan pohon natal yang berbeda. Tahun 2020, pohon natal perkakas bambu. Tahun ini menyesuaikan dengan tema Natal universitas yaitu Around the World, maka dibuatlah Worldwide Christmas Tree.

Pohon tersebut bertinggi 7 meter, dibuat dari kayu papan petunjuk arah kota-kota di dunia. Jumlah papannya mencapai 148 papan petunjuk arah. Ada petunjuk arah kota Bangkok, Georgia, Hamamatsu, Moscow, Tokyo, Milan dan lain-lain.

Tak hanya itu di sekitar pohon natal juga terpasang Greetings Card berbentuk dua dimensi yang dibuat oleh mahasiswa Visual Communication Design angkatan 2019 beserta buku konsepnya.

"Dibutuhkan waktu dua minggu untuk mempersiapkan bahan dan materinya seperti memotong tripleks, mengecat, menuliskan nama kota-kota, membuat kerangka pohon dan kain penutupnya serta memasang papan petunjuk arah. Kemudian memasang pernak-pernik pohon Natal," ujar Dian.(*)

Pewarta: Willi Irawan

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022