Sebanyak 16 tim dari 16 provinsi mengikuti kejuaraan nasional (kejurnas) drumben tahun 2022 di Kota Madiun, Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI).

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Madiun, Agus Purwowidagdo mengatakan kejurnas drumben tersebut berlangsung selama tanggal 7-15 Desember 2022 dengan upacara pembukaan dilakukan pada 10 Desember 2022.

"Pada upacara pembukaan nanti ada Parade Nusantara yang menghadirkan bintang tamu 'Marching Band Cendrawasih' dari Taruna Akademi Polisi (Akpol). Selain peserta dan bintang tamu, Parade Nusantara juga diikuti oleh sejumlah tim drumben dari Kota Madiun. Semua tim akan mengenakan pakaian khas masing-masing saat parade," kata Agus Purwo di sela kegiatan kejurnas drumben di GOR Wilis Kota Madiun, Rabu.

Adapun Parade Nusantara berlangsung seperti pawai yang dimulai dari Balai Kota Madiun dan finish di Stadion Wilis Kota Madiun.

Menurut dia, terdapat sejumlah kategori dalam kejuaraan tersebut. Yakni, kategori Lomba Baris Berbaris (LBB), Lomba Unjuk Gelar (LUG), Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP), serta Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB).

Sebanyak 16 tim tersebut berasal dari berbagai provinsi di Tanah Air. Seperti kontingen dari Provinsi Riau, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Lampung, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Jambi, dan Kalimantan Tengah.

"Satu peserta, yakni dari Kalimantan Timur mengundurkan diri karena sesuatu hal. Padahal tim sudah turut dalam technical meeting pada Selasa (6/12). Jadi tersisa 15 tim," katanya.

Ia menjelaskan dalam kejuaraan tersebut Kota Madiun hanya menjadi tuan rumah. Sedangkan, seluruh panitia berasal dari PDBI.

Agus mengajak seluruh masyarakat Kota Madiun dan sekitarnya untuk turut meramaikan agenda kejurnas. Kegiatan tersebut dibuka untuk umum dan gratis.

Masyarakat bisa datang ke GOR Wilis Kota Madiun untuk lomba LBB dan LUG yang berlangsung. Sedangkan, untuk LBJP dan LKKB di Stadion Wilis.

Pihaknya menambahkan gelaran Kejurnas Drum Band tahun 2022 tersebut memberikan dampak luar biasa bagi Kota Madiun. Mulai dari UMKM, tingkat hunian hotel, promosi potensi daerah, dan lain sebagainya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022