Kepolisian Resor Kota (Polresta) Malang Kota mendistribusikan sejumlah peralatan yang bisa dipergunakan untuk menghadapi bencana alam sebagai langkah persiapan tanggap bencana di wilayah tersebut.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa mengatakan bahwa peralatan bencana tersebut didistribusikan kepada Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban (Bhabinkamtibmas) yang ada di 57 kelurahan di wilayah itu.

"Kami mendistribusikan peralatan bencana dalam upaya mempermudah Bhabinkamtibmas untuk memberikan pertolongan pertama pada saat terjadi bencana," kata Budi.

Budi menjelaskan, saat ini di wilayah Kota Malang sudah memasuki musim hujan yang memiliki potensi untuk menyebabkan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan sejumlah bencana lain yang harus diwaspadai.

Menurutnya, berbekal langkah mitigasi bencana dan pemetaan daerah rawan bencana di wilayah Kota Malang, Polresta Malang Kota mendistribusikan peralatan bencana tersebut agar bisa dipergunakan personel Bhabinkamtibmas pada saat terjadi bencana alam.

"Saat bencana terjadi, para Bhabinkamtibmas setidaknya bisa melakukan deteksi dini," ujarnya.

Ia menambahkan, sejumlah peralatan bencana yang didistribusikan tersebut antara lain adalah jas hujan, jaket, rompi, ransel, sarung tangan dan sepatu. Penyerahan peralatan bencana tersebut dilakukan secara simbolis kepada sejumlah perwakilan Bhabinkamtibmas.

Para personel khususnya Bhabinkamtibmas tersebut, lanjutnya, disiapkan sebagai personel tanggap bencana di wilayah Kota Malang. Diharapkan, personel itu bisa memberikan bantuan secara cepat kepada masyarakat pada saat terjadi bencana alam.

"Para Bhabinkamtibmas ini disiapkan sebagai personel tanggap bencana. Kami berharap, jika terjadi bencana bisa membantu masyarakat secara cepat untuk meminimalisasi dampak," ujarnya.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, meminta warga di wilayah tersebut mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi atau bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca saat musim hujan.

Beberapa waktu lalu, di wilayah Kota Malang mengalami hujan dengan intensitas tinggi dan disertai angin kencang dan menyebabkan sejumlah pohon tumbang. Saat itu, satu orang warga Kota Malang dilaporkan meninggal dunia akibat tertimpa pohon tumbang.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022