Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Jawa Timur menjadikan peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) tahun 2022 yang diperingati pada 21 November sebagai momentum untuk meningkatkan jumlah konsumsi ikan warga setempat.

"Peringatan Harkannas yang diperingati setiap tanggal 21 November ini sebagai upaya untuk mengampanyekan dan sosialisasi budaya gemar makan ikan di Magetan," ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan Nur Haryani dalam puncak peringatan Harkannas tahun 2022 Magetan di Desa Sumberdodol, Kecamatan Panekan, Sabtu.

Sesuai data, jumlah konsumsi ikan di Kabupaten Magetan rata-rata masih sekitar 26,56 kilogram per kapita per tahun dan masih perlu ditingkatkan.

Karenanya, peringatan Harkannas merupakan kesempatan yang tepat untuk mengingatkan kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya ikan sebagai bahan pangan berprotein tinggi dan menyehatkan.

Sisi lain, kegiatan yang bertema "Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan untuk Generasi Unggul" tersebut juga bertujuan mendorong semangat dan kesadaran akan pentingnya peran sektor kelautan dan perikanan dalam pembangunan Indonesia secara menyeluruh.

Nur Haryani menambahkan terdapat beragam kegiatan yang masuk dalam rangkaian peringatan Harkannas 2022 di Kabupaten Magetan. Salah satunya adalah penyebaran sebanyak 24.800 benih ikan spesifik lokal hasil pembudidayaan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim di tujuh sumber mata air di Kecamatan Panekan.

Selain itu, pada puncak acara peringatan Hari Ikan Nasional 2022 juga dilakukan bazar UMKM dan produk peternakan dan perikanan, bursa ikan Koi dan Guppy, serta pemberian paket gizi protein hewani untuk anak sekolah sebanyak 272 paket.

Juga, pemberian paket gizi protein hewani untuk keluarga stunting sebanyak 150 paket, serta pembaruan penandatanganan nota kesepakatan sinergitas perencanaan pembangunan, dan pelaksanaan pengembangan SDM kelautan dan perikanan.

Selain itu juga diserahkan bantuan sebanyak 1 ton ikan laut segar dari Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Surabaya II yang dialokasikan untuk pondok pesantren, yayasan yatim piatu, dan masyarakat.

"Bantuan-bantuan tersebut diharapkan semakin menambah tingkat konsumsi ikan dan mencegah kasus stunting di Magetan," tambahnya.

Hadir pada acara puncak peringatan Harkannas 2022 tersebut Bupati Magetan; Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan BRSDM KKP; Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan KKP Sidoarjo; Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi; Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendaian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Surabaya; Perwakilan Dinas KP Jatim; Sekdakab Magetan; Ketua Komisi B Magetan; Kepala Disnakan Magetan; dan Forkopimca Panekan. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022