Pemerintah Kabupaten Lumajang dan PosAja melakukan penandatanganan kerja sama untuk mempermudah pelayanan jasa pos di objek wisata Puncak B29 di wilayah setempat, Jumat.

"Kami hadir untuk melayani semua kebutuhan masyarakat dan memberi kemudahan layanan jasa pengiriman serta pelayanan pemerintahan kepada masyarakat," kata Direktur Bisnis Kurir & Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana dalam rilis yang diterima di Kabupaten Lumajang.

Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Bisnis Kurir & Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana, Bupati Lumajang Thoriqul Haq, para anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lumajang, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lumajang, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Senduro, Kepala Desa Argosari, dan Ketua Adat Argosari.

Selain dilakukan penandatanganan, juga dilakukan peresmian posbox (bis surat) di ketinggian 2.900 mdpl di objek wisata Puncak B-29 atau yang dikenal dengan sebutan "Negeri di Atas Awan" tersebut.

Menurutnya beberapa komitmen kerja sama yang disepakati meliputi pengiriman dokumen administrasi kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

"Selain itu, layanan penyaluran santunan kematian bagi penduduk Lumajang dari Dinas Sosial, layanan pengiriman surat paket pos dan layanan jasa keuangan dari Dinas Perhubungan," tuturnya.

Kemudian, pengiriman surat pos dan paket dalam negeri dari Pengadilan Negeri serta pengiriman surat pos dan paket pos dalam negeri, penempatan bis surat di tempat wisata B29 serta layanan jasa keuangan hasil kerja sama dengan Dinas Pariwisata.

Berikutnya, juga dilakukan penandatanganan kerja sama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Semeru dengan PosAja! Kantor Regional 5 Jatim Bali Nusra tentang pengiriman pasir Lumajang.

"Kami juga mendukung pengembangan pariwisata lokal, dalam hal ini tempat wisata B29 dengan menyediakan bis surat dan layanan jasa keuangan. Melalui kerja sama ini, diharapkan memudahkan masyarakat dan Pemkab Lumajang mengelola tempat wisata," katanya.

Saat ini, lanjut dia, PosAja! tak hanya melayani pengiriman surat-menyurat dan barang, tetapi juga memiliki layanan digital finance PosPay, sehingga memberikan kemudahan kepada masyarakat melakukan pembayaran tagihan dan uang elektronik lainnya.

Objek wisata Puncak B29 merupakan puncak tertinggi di kawasan lautan pasir Gunung Bromo dengan ketinggian sekitar 2.900 mdpl dan menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam.

Pada kondisi tertentu, hamparan kabut atau awan bisa disaksikan dari Puncak B29 yang berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022