Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya, Jawa Timur, mengatakan warga di daerah ini antusias mendaftar menjadi anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK)
Pemilu 2024 karena pada Minggu (27/11) pendaftar sudah mencapai 1.301 orang

"Pendaftaran secara daring melalui Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) pada H-2 sebelum masa penutupan pendaftaran PPK pada 29 November 2022 mencapai 1.301 orang," kata anggota KPU Kota Surabaya Subairi di Surabaya, Senin.

Menurut dia, tercatat pada Minggu (27/11) hingga pukul 16.00 WIB pendaftar anggota PPK Pemilu 2024 sudah mencapai sebanyak 1.301 orang.

Untuk itu, kata dia, KPU Kota Surabaya menghimbau para pendaftar yang proses pendaftarannya belum tuntas segera melakukan pengecekan berkas dengan membuka akun SIAKBA.

Baca juga: Demokrat Surabaya gencarkan konsolidasi menangi Pemilu 2024

"Menjadi perhatian untuk seluruh pendaftar agar terus mengikuti dan cek 'update' terkini di akun SIAKBA, terutama yang proses pendaftarannya belum selesai," ujar Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas dan SDM) KPU Kota Surabaya ini.

Dia mengatakan masih banyak pendaftar PPK Pemilu 2024 yang status pendaftarannya dalam kondisi meng-"upload" persyaratan melalui akun SIAKBA, termasuk ada sebagian pelamar yang statusnya mengisi berkas melalui akun SIKBA. Pendaftar agar rutin mengecek akun SIAKBA.

"Tentunya jangan sampai ada yang terlewatkan sehingga sebelum penutupan pendaftaran kami terus melakukan imbauan. Nah, kalau berkas sudah lengkap segera serahkan ke Kantor KPU Surabaya," ujar dia.

Kondisi terkini di Kantor KPU Kota Surabaya, Senin pagi hingga siang ramai karena para peserta yang hendak mengumpulkan berkas pendaftaran sudah mulai berdatangan. Terlihat para pendaftar PPK Pemilu 2024 terlihat tertib dan teratur mengikuti antrean, termasuk mengikuti arahan petugas penerima berkas pendaftaran.

Sementara itu, salah satu pendaftar anggota PPK Pemilu 2024 asal Kecamatan Gayungan Surabaya, Ati Husnah menyatakan pendaftaran daring melalui SIAKBA sangat praktis dan efisien. Dia mengaku sudah mengumpulkan berkas pendaftaran secara langsung. Tinggal menunggu hasil pengumuman untuk tahapan administrasi.

"Selain aplikasi SIAKBA yang mudah dipahami, syarat-syarat administrasi pendaftaran yang dikumpulkan sangat mudah," kata dia. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022