Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur terus menggenjot pembangunan sektor wisata karena mampu memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), baik melalui devisa maupun perputaran ekonomi.
 
Wakil Bupati Sidoarjo Subandi di Sidoarjo, Minggu, mengatakan pembangunan pariwisata memiliki arti yang sangat penting ditinjau dari berbagai aspek.
 
"Dari sisi ekonomi pariwisata, dalam beberapa tahun terakhir sektor pariwisata memberikan kontribusi terhadap PDB, baik melalui devisa maupun perputaran ekonomi," katanya saat peresmian destinasi wisata susur sungai sekaligus peresmian Kafe Kalitekung di Desa Tambak Cemandi, Kecamatan Sedati, Sidoarjo.
 
Ia mengatakan sektor pariwisata juga dapat membuka peluang usaha jasa, baik langsung maupun tidak langsung, dan membuka peluang kerja yang sangat banyak. Sehingga, hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Desa Tambak Cemandi dan sekitarnya.
 
"Program desa wisata tidak lepas dari program Presiden RI Joko Widodo. Wisata desa menjadi salah satu prioritas Presiden, terutama di tahun 2023. Warga diarahkan untuk berwisata di desa-desa, tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa," katanya.
 
Oleh karena itu, ia mengajak seluruh elemen membantu proses pengembangan wisata, salah satunya karang taruna.
 
"Harus dikembangkan berkelanjutan, tidak berhenti di sini, potensi lingkungan masih alami. Banyak jenis hewan dan burung ada di sini, bisa dijadikan wisata edukasi anak-anak," ujarnya.
 
Seusai peresmian Kafe Kalitekung, dirinya bersama dengan pemangku kepentingan setempat berkesempatan menyusuri sungai yang rindang dengan tanaman bakau di tepi sungai.
 
"Melihat destinasi wisata susur sungai ini menurut saya potensinya sangat besar. Kondisi alam masih alami, sangat cocok sebagai wisata keluarga di tengah hiruk pikuk," ucapnya.
 
Perahu dengan kapasitas 12 penumpang menjadi moda transportasi wisata susur sungai. Dua armada perahu berwarna putih ini merupakan BUMDes Desa Tambak Cemandi.
 
Kepala Desa Tambak Cemandi Khoirudin berharap dengan hadirnya wisata susur sungai ini, Desa Tambak Cemandi lebih dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu wisata tersebut dapat menjadi ikon Desa Tambak Cemandi.
 
"Dengan adanya wisata susur sungai dan Kafe Kalitekung ini, semoga ke depan masyarakat Desa Tambak Cemandi tambah makmur dan sejahtera," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022