Ribuan relawan se-Jawa Timur mengikuti apel pembukaan Temu Karya Relawan (TKR) Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur yang berlangsung di area Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin.

“Relawan adalah bentuk pengabdian, keikhlasan demi kemanusiaan,” ujar Ketua PMI Jatim Imam Utomo usai memimpin apel.

Menurut dia, relawan sangat efektif menjadi agen penguatan kebangsaan dan kepedulian terhadap sesama.

Dalam amanatnya, Imam Utomo mangapresiasi kehadiran dan peran pengurus serta relawan PMI kabupaten/kota se-Jatim.

Mantan Gubernur Jawa Timur tersebut juga mengajak untuk membuka diri agar rela berbuat untuk orang lain, terutama yang dilanda kesusahan.

PMI, kata dia, dinaungi dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018 telah mendapat amanah dalam menangani masalah kemanusiaan.

Dalam posisi itu, kata dia, sangat bergantung kepada peran individu yang berada dalam barisan PMI.

“Prinsip yang diharapkan adalah bentuk layanan sehingga harus mudah, cepat, dan memuaskan. Perkuat jiwa sebagai pelayan masyarakat melalui Temu Karya Relawan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia TKR PMI Jatim Edi Purwinarto melaporkan bahwa kegiatan ini menjadi ajang temu, silaturahim dan evaluasi relawan di provinsi setempat.

Sedangkan, kegiatan yang dilakukan di antaranya meliputi bidang temu, peningkatan kapasitas lokakarya kepalangmerahan, sosial media, citra organisasi, kesiapsiagaan individu serta kegiatan pertemuan relawan.

Bidang karya meliputi pengembangan kapasitas asesmen, evakuasi, manajemen, informasi posko, peduli lingkungan.

Bidang persahabatan meliputi, relawan favorit, parade budaya, pentas seni dan permainan persahabatan dan bazar.

Hadir dalam apel pembukaan TKR PMI Provinsi Jatim, seperti Ketua Bidang PMR dan Relawan PMI Pusat Sasongko Tedjo, beberapa perwakilan dari Pemprov Jatim, Pemkot Surabaya, DPRD Jatim serta seluruh ketua PMI 38 Kabupaten/Kota se-Jatim.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022