Animation and Film Factory (AFF) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari di Kabupaten Malang diharapkan menjadi ekosistem konten kreator ekonomi kreatif terbesar di Indonesia.

CEO KEK Singhasari David Santosa di Kabupaten Malang, Selasa mengatakan bahwa kawasan ekonomi khusus tersebut, nantinya juga akan mengoptimalisasi keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Kami memproyeksikan AFF Singhasari menjadi ekosistem konten kreator terbesar di Indonesia, dan juga ingin hadirnya KEK ini bisa menjadi ekonomi bottom up yang berdasar dari UMKM," kata David.

David menjelaskan, saat ini persiapan infrastruktur dasar, serta perangkat pengendalian administrasi pada KEK Singhasari tersebut sudah siap 100 persen. Selain itu, dengan diresmikannya AFF tersebut, juga sebagai penanda KEK itu beroperasi.

Menurutnya, pada 2024 pihaknya akan fokus pada sektor pendidikan yang akan masuk pada KEK Singhasari. KEK Singhasari akan bekerja sama dengan sejumlah universitas untuk menumbuhkan ekosistem ekonomi digital, salah satunya dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

"Berikutnya untuk 2024 ini fokusnya pada pendidikan. Beberapa perguruan tinggi luar negeri sudah bekerja sama dengan kami dan juga dari UMM akan segera melakukan ground breaking untuk pembangunan Center of Future," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menambahkan pada KEK Singhasari sudah mencakup sejumlah pemangku kepentingan seperti sektor pendidikan, bisnis, komunitas termasuk pemerintah.

Ia berharap, dengan diresmikannya AFF KEK Singhasari tersebut juga akan lebih mudah untuk meyakinkan jejaring yang ada di luar untuk mendukung keberadaan kawasan ekonomi khusus di Kabupaten Malang tersebut.

"Tentunya nanti akan lebih mudah untuk memobilisasi dan meyakinkan pemangku kepentingan dan jejaring untuk mendukung apa yang menjadi komitmen kami," ujarnya.

KEK Singhasari merupakan KEK Digital pertama di Indonesia dan merupakan satu diantara empat kawasan ekonomi khusus lain yang ada di Pulau Jawa. KEK Singhasari diharapkan mampu mewujudkan ekosistem kreatif nasional.

Dalam upaya untuk melakukan percepatan terhadap klasetr lainnya di dalam KEK Singhasari, salah satu strategi yang dikembangkan adalah pembentukan Joint Venture Company atau perusahaan patungan dengan mitra investor lainnya.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022