DPD Majelis Dakwah Islamiyah Provinsi Jawa Timur berkomitmen turut aktif untuk bisa berpartisipasi dalam pembangunan mental generasi muda di wilayah setempat.

"Salah satunya upayanya yaitu melahirkan kembali qori dan qoriah terbaik," ujar Ketua DPD Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) Jatim Dr Kasno Sudaryanto dalam keterangan tertulis diterima di Surabaya, Senin.

Sebagai bentuk komitmen, DMI menggelar lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Masjid Al-Mujahidin di kompleks Kantor Golkar Jatim di Surabaya, Minggu (23/10) malam.

Tampil sebagai yang terbaik untuk putra adalah Alimus Hakim asal Jombang, sedangkan kategori putri yaitu Putri Annisa Tyara Anggie dari Surabaya.

Selain itu, kata dia, lomba tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional 2022  sekaligus memperingati dua tahun pengajian Tahsin Al Quran Masjid Mujahidin yang diasuh DPD MDI  Jatim.

"Lomba ini juga untuk persiapan regenerasi yang qori dan qoriah Jatim yang belum lama ini juara umum MTQ XXIX Tingkat Nasional," kata Kasno.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Vl DPR RI Sarmuji yang hadir pada kesempatan tersebut mengapresiasi gelaran lomba yang menurutnya menjadi penting untuk mengetahui bagaimana adanya seorang santri.

"Seorang santri itu menunjukkan kepribadian yang utuh sebagai warga negara Indonesia dan seorang yang beragama," ujar dia.

Memperingati Hari Santri, kata dia, sama seperti memperingati perjuangan para santri mengusir penjajahan Belanda.

Sementara itu, Sekretaris DPD MDI Jawa Timur H.RB. Zaenal Arifin mengatakan, lomba MTQ diikuti 530 peserta. Setelah melalui seleksi tahap awal secara ketat, tercatat 208 peserta yang mengirimkan karya video dinyatakan lolos.

"Lalu diambil 24 peserta difinalkan secara offline. Hingga akhirnya tercatat para pemenang," kata dia. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022