Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan bonus dan penghargaan kepada kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) asal provinsi setempat, yang telah meraih juara umum tingkat nasional ke-29.

Kepada para juara MTQ, masing-masing menerima uang pembinaan sebesar Rp50 juta untuk juara 1, peraih juara 2 menerima Rp40 juta dan juara 3 sebesar Rp30 juta.

Sedangkan, juara harapan masing-masing memperoleh Rp5 juta, dan para peserta lainnya memperoleh bonus pembinaan sebesar Rp2 juta.

Tidak hanya itu, pembina juara 1, 2 dan 3  juga mendapatkan hadiah dari Gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

"Prestasi sebagai Juara Umum MTQ Nasional ke-29 ini adalah kado yang sangat indah bagi Hari Santri Tahun 2022. Tentu juga adalah kado indah dalam HUT Provinsi Jatim yang ke-77," ujar Gubernur Khofifah di sela pemberian bonus di Surabaya, Sabtu.

MTQ tingkat nasional ke-29 berlangsung di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pertengahan Oktober lalu.

Tercatat Jatim terakhir kali merebut juara umum MTQ Nasional pada tahun 1985, atau 37 tahun silam. Jatim juga pernah meraih juara umum MTQ Nasional pada tahun 1974. Maka kini Jatim telah tiga kali meraih predikat juara umum MTQ Nasional.  

Gubernur Khofifah berpesan kepada Ketua Kafilah MTQ Jatim KH Abdullah Hamid agar menjaga Piala Presiden sehingga pada penyelenggaraan tahun depan tetap menjadi juara umum.

"Tolong jangan pernah dipindahkan ke provinsi yang lain," tuturnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022