Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya menyebut pembagian 10 ribu Set Top Box (STB) gratis kepada masyarakat di Kota Pahlawan, Jatim, sebagai salah satu bentuk dukungan migrasi TV analog ke digital.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya M Fikser di Surabaya, Kamis, mengatakan STB yang berfungsi mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara ini berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR) Trans Media Group.

"Ini diharapkan warga bisa segera menikmati layanan TV digital," kata dia.

Kegiatan penyaluran STB tersebut dipusatkan di Kantor Kecamatan Tambaksari Surabaya pada Rabu (12/10) malam. Penyaluran juga serentak diikuti melalui daring oleh masyarakat penerima di 59 kelurahan dari 12 kecamatan di Surabaya.

Baca juga: Kominfo bagikan cara menonton siaran televisi digital

Baca juga: Kominfo upayakan kebutuhan set top box terpenuhi

Fikser menyampaikan begitu ada bantuan STB, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi langsung memerintahkan jajarannya untuk segera dibagikan. Hal itu berdasarkan UU No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, pada 2 November 2022 siaran TV analog migrasi ke digital.

"Secara serentak STB ini juga dibagikan ke warga di 59 kelurahan dari 12 kecamatan di Surabaya," kata Fikser.

Dia mengatakan data penerima 10 ribu STB di Surabaya berasal dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang diteruskan ke Trans Media Group. Selanjutnya, dari Trans Media Group, data by name by address warga penerima diserahkan ke Pemkot Surabaya.

"Jadi, begitu kita dapat data tersebut, langsung didistribusikan kepada lurah untuk diteruskan ke masing-masing warganya," kata dia. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022