Dinas Kesehatan Kota Kediri mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyebaran COVID-19 dan segera mengantisipasinya melalui vaksinasi.

"Program vaksinasi COVID-19 masih terus berjalan. Pemkot telah melakukan berbagai upaya jemput bola agar semakin banyak masyarakat yang melakukan vaksinasi seperti metode door to door, melakukan pendekatan layanan vaksin ke masyarakat, serta berkoordinasi dengan berbagai komunitas," katanya Kepala Dinkes Kota Kediri, dr Fauzan Adima kepada wartawan, Jumat.

Ia menyatakan capaian vaksinasi COVID-19, hingga 6 Oktober 2022 di Kota Kediri yang telah mendapatkan vaksin dosis pertama sebesar 127,53 persen.

Vaksinasi dosis dua sebesar 116,24 persen, vaksinasi dosis tiga 45,58 persen, serta vaksinasi dosis empat untuk sumber daya manusia kesehatan sebesar 75,92 persen.

Sedangkan untuk kategori sasaran lanjut usia (lansia), capaian vaksinasi dosis pertama sebesar 71,35 persen, dosis dua 64,69 persen, serta dosis tiga 28,13 persen.

Untuk sasaran penerima anak-anak capaiannya untuk dosis pertama adalah 113,43 persen, dan dosis dua yakni 101,12 persen.

"Untuk dosis empat sementara ini untuk tenaga kesehatan. Sampai saat ini belum ada surat edaran resmi dari pusat apakah sudah boleh dibuka untuk umum sehinggqa sementara ini kami masih mengejar dosis tiga," kata dia.

Dirinya juga mengatakan saat ini status pandemi belum berakhir. Ia berharap, masyarakat tetap patuh pada protokol kesehatan.

"Presiden telah menginstruksikan Menteri Kesehatan segera melakukan koordinasi dengan badan kesehatan dunia atau WHO terkait status Indonesia ini apa, apakah masih pandemi atau sudah endemi. Kalau masih pandemi ya tetap harus wajib protokol kesehatan, kalau sudah endemi bisa lebih dilonggarkan," katanya.

Ia mengajak masyarakat yang belum vaksin terlebih lagi vaksinasi boster COVID-19, segera melakukannya agar imunitas lengkap secara paripurna.

"Saya berharap sama seperti dosis pertama dan dua yang sudah tinggi capaiannya. Untuk waktunya bisa di hari Senin, Selasa, Kamis, Jumat di fasilitas kesehatan terdekat pada jam-jam operasional. Serta khusus hari Sabtu diadakan di tiga pusat perbelanjaan di Kota Kediri secara bergilir," tuturnya.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022