Pemerintah Kabupaten Malang meminta langkah optimalisasi potensi komoditas hasil laut dari wilayah Sendangbiru di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan di wilayah setempat.

Bupati Malang M Sanusi, Selasa, mengatakan bahwa perairan di wilayah selatan termasuk Sendangbiru, telah dikenal akan komoditas lautnya bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan di wilayah tersebut.

"Selain untuk memenuhi kebutuhan ikan di Kabupaten Malang, perairan ini juga telah menghasilkan ikan laut yang menjadi komoditas ekspor," katanya.

Sanusi menjelaskan, sejumlah jenis ikan laut yang menjadi komoditas ekspor tersebut antara lain adalah tuna surip kuning, albakora, cakalang, marlin dan sejumlah jenis ikan lainnya.

"Manfaatkan dan kembangkan potensi ini sebagai modal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar," ucapnya.

Dalam kesempatan sama, para nelayan di Pantai Sendangbiru mengadakan ritual larung sesaji dan acara tasyakuran petik laut di kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Petik laut dan syukuran nelayan ini merupakan acara tahunan para nelayan yang selalu digelar pada 27 September setiap tahun.

Acara kali ini merupakan yang ke-40 yang dilaksanakan di kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap.

Prosesi acara ini dimulai arak-arakan tumpeng raksasa berisikan hasil bumi Dusun Sendangbiru, lalu diarak keliling kampung dengan diiringi barisan penari dan para pegiat budaya.

Arak-arakan kemudian diarahkan menuju kawasan dermaga untuk dinaikkan ke perahu. Saat prosesi larung sesaji, ratusan warga ikut serta mengawal sesaji hingga sampai di titik pelarungan.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022