Warga di Kabupaten Jember menyerbu sejumlah lokasi digelarnya operasi pasar Lumbung Pangan Jawa Timur yang digelar secara serentak di empat pasar tradisional yakni Pasar Tanjung, Kreongan, Mangli dan Wirolegi, Senin.

"Alhamdulillah ada operasi pasar dan harga yang dijual lebih murah dibandingkan harga di pasaran, sehingga saya membeli beberapa komoditas yakni telur ayam ras dan beras," kata Citra, salah seorang warga yang membeli kebutuhan pokok di Pasar Tanjung Jember.

Ia berharap operasi pasar dilakukan secara berkelanjutan oleh pemerintah agar harga beberapa kebutuhan pokok bisa tetap stabil pascakenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Mudah-mudahan ada intervensi dari pemerintah agar harga sejumlah komoditas pangan di pasaran tidak merangkak naik. Kalaupun naik, naiknya dalam kategori wajar," tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember Bambang Saputro mengatakan antusias warga cukup tinggi sejak pagi untuk membeli kebutuhan pokok yang dijual di lokasi operasi pasar Lumbung Pangan Jatim.

"Antusias warga cukup tinggi karena harga yang dijual lebih murah seperti telur ayam ras dijual Rp20 ribu per kilogram, sedangkan di pasaran berkisar Rp23 ribu hingga Rp24 ribu per kilogram, kemudian beras kemasan 5 kilogram dijual Rp50 ribu," tuturnya.

Ia mengatakan kegiatan operasi pasar Lumbung Pangan Jatim tersebut digelar serentak di delapan kabupaten/kota di Jatim dengan sasaran 25 pasar, sedangkan di Jember ada empat lokasi yakni Pasar Tanjung, Pasar Kreyongan, Pasar Mangli, dan Pasar Wirolegi.

"Komoditas yang dijual dalam operasi pasar tersebut memaksimalkan produk dari Jember seperti beras dan telur ayam ras, sedangkan daging ayam ras berasal dari Kabupaten Banyuwangi. Hari ini masih ada tiga komoditas yang dijual oleh petugas," katanya.

Ia berharap lokasi operasi pasar Lumbung Pangan yang ditunjuk oleh Pemprov Jatim tidak hanya dipusatkan di pasar tradisional yang berada di kawasan kota, namun bisa menyebar di beberapa kecamatan karena Kabupaten Jember memiliki 31 kecamatan.

"Mudah-mudahan kegiatan operasi pasar tersebut dapat menekan laju inflasi di Kabupaten Jember dan harga sejumlah komoditas pangan bisa terkendali," ujarnya.

Sementara Koordinator Operasi Pasar Lumbung Pangan Jatim di Jember Fino mengatakan pihaknya masih menyediakan tiga komoditas saja yakni beras, telur ayam ras dan daging ayam potong dengan harga yang lebih murah dibandingkan di pasaran.

"Stok yang kami siapkan untuk telur ayam ras sebanyak 300 kilogram, beras sebanyak 800 pak dengan kemasan 5 kilogram, dan stok daging ayam sebanyak 90 ekor. Mudah-mudahan cukup untuk hari ini," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022