Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah Jawa Timur meluncurkan aplikasi bernama "Monitoring Tracking Checklist" (MTC) bersamaan dengan HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-67 di Surabaya, Kamis. 

"Aplikasi Monitoring Tracking Checklist atau MTC untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pengurusan registrasi dan identifikasi mengetahui proses dari mulai mendaftar hingga selesai," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta. 

Irjen Nico menjelaskan, cara kerja aplikasi tersebut cukup mudah, yakni dengan mengunduh aplikasi MTC di ponsel, selanjutnya masyarakat bisa mengetahui sampai mana proses pengurusan berkas kendaraan bermotor. 

"Aplikasi tersebut dibuat agar tidak terjadi antrean panjang di kantor kepolisian. Jadi cukup mendaftar dapat barcode dan mengecek sehingga nanti mengambil ketika sudah selesai," ucapnya. 

Selain aplikasi MTC, Irjen Nico memuji sistem yang dibuat Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Muhammad Taslim Chairuddin untuk penanganan kasus kecelakaan lalu lintas. 

Dirlantas membuat sistem agar stakeholder baik Babinsa, Babinkantibmas atau masyarakat yang melihat adanya laka lantas dapat segera melaporkan ke petugas supaya melakukan pertolongan pertama. 

"Kecelakaan lalu lintas ini perlu penanganan cepat. Jadi setelah terjadi kecelakaan integrasi dan koordinasi antar-lembaga di dalam penanganan agar dapat segera menolong korban kemudian mengantar ke rumah sakit. Itu juga menjadi bagian penting menyelamatkan nyawa manusia," katanya. 

Menurut dia, masyarakat ingin kerja cepat, transparan dan akuntabel dari polisi. Hal tersebut, lanjut Irjen Nico bisa dilakukan dengan pembaruan teknologi.

"Saya apresiasi kepada dirlantas, kasatwil dan kasatlantas yang sudah melakukan tugas dengan baik," ujarnya.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022