Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mewadahi hobi anak muda di bidang otomotif melalui gelaran "Ijen Geopark Drag Bike" 2022 mulai 9-11 September 2022.

"Ini upaya kami mengakomodiasi hobi anak muda. Kami kompetisikan sekaligus menggeliatkan sport tourism di Banyuwangi," ujar Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah, Minggu.

Even olahraga motor yang menjadi agenda Banyuwangi Festival ini digelar di Sirkuit Letter S Dasri, Tegalsari.

Ratusan pebalap motor se-Jawa dan Bali mengikuti empat tipe kompetisi, yakni kelas Karesidenan Besuki, Kelas Pemula Open, Kelas Pemula Lokal Banyuwangi, Kelas Open dan Kelas Utama.

Ia menjelaskan, diadakannya kompetisi berawal dari maraknya area Leter S yang sering dijadikan balapan liar sehingga pemkab berinisiatif memberi ruang hobi anak muda tersebut dalam wadah resmi dan terarah.

Menurut Sugirah, gelaran Ijen Geopark Drag Bike 2022 memberikan dampak positif signifikan bagi masyarakat Tegalsari.

"Saya lihat masyarakat sangat antusias menyaksikan. Ini bisa dilaksanakan setiap tahun karena mendongkrak ekonomi rakyat," kata Sugirah.

Ketua Panitia Ijen Geopark Drag Bike Sugiyono Sugez menyampaikan untuk kelas utama terdiri dari 130cc, 155cc hingga 200cc, lalu tertinggi ada pada kelas open di 350cc dengan rangka bebas.

"Kami melihat banyak bibit olahraga balap di Banyuwangi. Dengan gelaran ini,maka keahliannya akan bertumbuh," ucapnya.

Selain kejuaraan Ijen Geopark Drag Bike 2022, bulan ini Banyuwangi juga akan menggelar Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022