Universitas Negeri Surabaya menyambut baik kebijakan baru seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

Wakil Rektor Bidang Akademik UNESA, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., di Surabaya, Jumat mengatakan bahwa kampusnya akan mengikuti aturan yang baru sembari menyiapkan segala hal yang diperlukan dalam implementasinya di lapangan.

"Kebijakan ini tentu lahir dari pertimbangan yang matang untuk mendorong pembelajaran secara menyeluruh, fokus pada penalaran, inklusif dan mengakomodasi keberagaman peserta didik, transparan dan integratif. Unesa mendukung dan akan diimplementasikan dengan baik," ucapnya

Kemendikbudristek meluncurkan Merdeka Belajar episode ke-22 tentang transformasi seleksi masuk perguruan tinggi negeri pada Rabu (7/9).

Dalam kebijakan tersebut, ada tiga transformasi seleksi masuk PTN yaitu seleksi nasional berdasarkan prestasi, seleksi nasional berdasarkan tes dan seleksi mandiri.

Sementara itu, Ketua Satuan Admisi Unesa Dr. Sukarmin, M.Pd., menyampaikan siap menyesuaikan aturan dengan kebijakan baru.

Untuk seleksi nasional berdasarkan prestasi sekarang minimal 50 persen ditentukan dari rata-rata rapor seluruh mata pelajaran dan sisanya komponen penggali minat dan bakat.

Kemudian, untuk seleksi nasional berdasarkan tes, terdapat perubahan mendasar pada materi tes fokusnya pada tes skolastik. 

"Terkait ini semua, secara intern, satuan admisi akan menentukan formulasi penentuan komponen penggali minat bakat dan akan berkoordinasi dengan panitia nasional," ucapnya.

Lalu seleksi mandiri, admisi Unesa akan mengembangkan sistem yang lebih transparan khususnya terkait daya tampung, metode seleksi dan besaran biaya pendidikan. 

"Poin ini sudah dilakukan admisi sebelum-sebelumnya lewat program sosialisasi di sekolah-sekolah maupun dijelaskan kepada sekolah yang berkunjung ke Unesa,"ujarnya.

Unesa memiliki tujuh fakultas dan satu program vokasi, rinciannya Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ilmu Olahraga (FIO), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Berikutnya, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB),  Fakultas Teknik,  serta Program Vokasi.

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022