Kementerian BUMN dan PT Pertamina (Persero) mendorong UMKM menembus pasar internasional atau go global dengan berpartisipasi dalam Festival Tong Tong 2022 yang digelar di Kota Den Haag, Belanda.

"Ajang ini tidak hanya untuk pameran, namun juga membuka pasar baru bagi UMKM Indonesia, khususnya mitra binaan Pertamina. Terbukti bahwa produk UMKM yang dibawa sangat bagus, menarik dan dapat bersaing dengan produk internasional lainnya," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu.

Arya mengatakan Roemah BUMN yang ada di Festival Tong Tong merupakan langkah Kementerian BUMN berkolaborasi dengan Pertamina dan beberapa BUMN lainnya untuk mendorong UMKM go global.

Pertamina membawa 175 produk terbaik UMKM mitra binaan yang siap go global di ajang yang berlangsung pada 1-11 September 2022 di Kota Den Haag, Belanda.

VP CSR & SMEPP Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, 175 jenis produk berasal dari UMKM di bawah binaan Rumah BUMN Pertamina yang tersebar di 30 titik Indonesia. 

"Produk UMKM yang terpilih memiliki cita rasa dan kualitas produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar global," ujarnya.

Baca juga: Menteri Sandiaga inginkan pelaku ekonomi kreatif "Go-digital"

Pewarta: Aji Cakti

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022