Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyebutkan ada tiga langkah yang perlu dilakukan untuk mengembangkan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) Syariah.

“Pertama, proaktif melakukan penawaran Tapera Syariah. Langkah jemput bola melalui sosialisasi yang inovatif dan masif kepada masyarakat luas, termasuk di lingkup ASN, BUMN, dan pemerintah daerah,” kata Wapres saat meresmikan Peluncuran Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) Syariah secara daring, dari Jakarta, Selasa.

Langkah kedua, yakni perluasan cakupan kepesertaan, di mana skema Tapera Syariah yang inklusif dan universal harus dapat dinikmati seluruh kalangan.

Menurut dia, semakin luasnya cakupan kepesertaan Tapera Syariah, maka akan mendongkrak tingkat inklusi keuangan syariah.

“Di sinilah pentingnya peningkatan literasi tentang skema Tapera Syariah kepada masyarakat,” jelasnya.

Dengan demikian, Wapres menilai perhitungan yang lebih menguntungkan dari konvensional, ditambah layanan yang baik dan kepercayaan yang dibangun akan menarik minat konsumen.

Langkah ketiga, Wapres menuturkan Tapera Syariah harus menjaga komitmen pengelolaan dana tabungan perumahan dengan prinsip syariah yang mengedepankan asas gotong royong, berkeadilan, transparan, aman, dan halal.

Baca juga: Pemprov Jatim dan BP Tapera sosialisasi wujudkan rumah pertama PNS

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022