Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo, Jatim, akan melatih secara khusus para atlet cabang olahraga panjat tebing dan voli pantai yang memenangi kejuaraan Piala Bupati Situbondo 2022.

Kejuaraan bola voli pantai dan panjat tebing yang berlangsung di arena pertandingan (venue) Jasalindo/ Pasir Putih Water Sport Desa/ Kecamatan Bungatan, yang dimulai Kamis (18/8) dan berakhir Minggu (21/8).

"Atlet voli pantai maupun panjat tebing yang menang dalam kejuaraan Piala Bupati ini akan dilatih secara khusus sebagai atlet Porprov Jatim tahun depan," ujar Ketua KONI Kabupaten Situbondo, Deny Wahyu Pribadi di Situbondo, Senin.
Final kejuaraan Piala Bupati Situbondo 2022 cabor voli pantai di venue Jasalindo/ Pasir Putih Water Sport Situbondo. Minggu (21/8/2022) (ANTARA/Novi H)


Menurut ia, KONI akan menindaklanjuti hasil kejuaraan voli pantai dan panjat tebing ini dengan pihak pengelola Jasalindo/ Pasir Putih Water sport, terkait latihan khusus terhadap para atlet berprestasi.

Kata Deny, kejuaraan voli pantai dan panjat tebing digelar untuk mencari atlet berprestasi karena kedua cabor ini masih baru dan Situbondo belum memiliki atlet berprestasi kedua cabor tersebut. Sementara arena pertandingan difasilitasi oleh Jasalindo.

"Nantinya pihak Jasalindo/ Pasir Putih Water Sport yang akan menyediakan pelatih untuk melatih para atlet agar siap bertanding pada event Porprov Jatim 2023," ujarnya.
 
Foto bersama pemenang kejuaraan Piala Bupati Situbondo 2022 cabor voli pantai di venue Jasalindo/ Pasir Putih Water Sport Situbondo. Minggu (21/8/2022) (ANTARA/Novi H)

Deny menambahkan bahwa KONI punya pekerjaan rumah yang cukup besar untuk mempersiapkan atlet di semua cabang olahraga. Sementara anggaran yang dimiliki KONI sangat terbatas, sehingga KONI harus bisa membuat strategi menyiasatinya.

Data diperoleh, kejuaraan voli pantai putri dimenangkan oleh tim dari SMAN 2 Situbondo, disusul SMKN 1 Panji. Juara III bersama diraih SMAN 2 Situbondo dan SMAN 1 Subo. Untuk tim putra, juara I SMAN 1 Panji, juara II SMAN 2 Situbondo, dan juara III bersama yaitu SMAN 1 Panji dan SMAN 1 Suboh.

Untuk panjat tebing putri kategori lead diraih oleh Anggi Anindia Putri Natasyah dari SMKN 1 Panji, juara II Anggita Tri Nuriyah Dharma dari SMAN 1 Suboh dan juara III Sintia Amalia Andini dari SMAN 1 Panarukan.
Kejuaraan Piala Bupati Situbondo 2022 cabor panjat tebing di venue Jasalindo/ Pasir Putih Water Sport Situbondo. Minggu (21/8/2022) (ANTARA/Novi H)


Sedangkan juara I kategori lead putra diraih Irfan Ade Winata dari SMAN 1 Panarukan, juara II Muh. Habibullah dari SMAN 1 Suboh dan juara III Ainul Yaqin Saiful Rizal dari SMAN 1 Suboh.

Sementara untuk juara kategori speed putra kembali diraih oleh Irfan Ade Winata dari SMAN 1 Panarukan. Juara II Moch Mufthi Aly dari SMAN 1 Suboh dan juara III diraih Anggi Alfiansyah dari SMAN 1 Suboh.

Juara speed putri diraih oleh Anggita Tri Nuriyah Dharma dari SMAN 1 Suboh, juara II Anggi Anindia Putri Natasyah dari SMKN 1 Panji dan Situ Nur Holisa dari SMAN 1 Suboh. (*)

Baca juga: Bupati Situbondo buka kejuaraan voli pantai dan panjat tebing

Baca juga: KONI jaring bibit atlet voli pantai dan panjat tebing lewat Piala Bupati Situbondo

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022