Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, mengatakan Pelayanan "Sayang Warga" efektif membantu warga dalam mengurus administrasi kependudukan (adminduk).

Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Surabaya Arief Boediarto di Surabaya, Sabtu, mengatakan Pelayanan "Sayang Warga" yang digelar kecamatan dan kelurahan di balai RW se-Surabaya setiap hari Jumat sebagai upaya pemkot mendekatkan pelayanan kepada warga.

"Kami berupaya agar ada kedekatan hubungan batin antara pimpinan dan masyarakat," kata Arief.

Baca juga: Pelayanan adminduk di Surabaya capai 3.000 pemohon sehari

Arief mengatakan sebenarnya camat dan lurah berkantor di balai RW untuk memberikan pelayanan kepada warga sudah lama digelar.

Namun, kata dia, kali ini berbagai pelayanan yang namanya bermacam-macam itu digabung menjadi satu nama, yaitu Pelayanan "Sayang Warga".

Pelayanan yang diberikan di balai RW itu bermacam-macam, mulai dari konsultasi pelayanan publik, pengambilan KTP-el, pengurusan administrasi kependudukan hingga domisili usaha, termasuk yang berkaitan dengan pengambilan keputusan atau kebijakan.

Baca juga: Armada Jempol Sekti bantu layanan adminduk di perkampungan Kota Surabaya

Salah satu Pelayanan "Sayang Warga" yang ramai dihadiri warga berada di Balai RW VIII Jalan Genteng Candirejo, Kelurahan/Kecamatan Genteng dan Balai RW VI Jalan Kedondong, Kelurahan/Kecamatan Tegalsari.

Dari hasil kegiatan Pelayanan "Sayang Warga" di Surabaya pada Jumat (19/8) tersebut, pelayanan adminduk lebih banyak dimanfaatkan masyarakat.

Selain itu, warga juga tertarik, terutama pada program baru, seperti mengurus kartu identitas anak (KIA) dan Program KatePay yang membuat masyarakat antusias.

Camat Tegalsari Buyung Hidayat Rachman mengatakan kegiatan Pelayanan "Sayang Warga" yang dilaksanakan di balai RW mendapat respons positif dari masyarakat.

Sebab, kata dia, warga tidak perlu lagi menuju ke kantor kelurahan maupun kecamatan, melainkan bisa memanfaatkan pelayanan dengan mengunjungi balai RW sesuai jadwal yang ditentukan.

"Warga sangat tertarik, terutama pada program baru, seperti mengurus KIA," ujar dia.(*)

 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022