Universitas Muhammadiyah Surabaya memberikan apresiasi berupa hadiah kepada mahasiswa yang berprestasi pada pekan ASEAN University Games (AUG) 2022 dan ajang Pro Futsal League 2021.

Rektor UM Surabaya Dr. Sukadiono di Surabaya, Jumat, mengucapkan selamat dan terima kasih karena telah berprestasi di ajang ASEAN Games maupun ajang Pro Futsal League 2021.

“Ini adalah komitmen universitas dalam mendukung aktivitas dan prestasi mahasiswa tidak hanya di bidang akademik, tetapi juga non akademik. Di ajang ASEAN University Games tiga mahasiswa berhasil menyumbang tujuh medali sekaligus," kata pria yang akrab disapa Suko itu. 

AUG adalah kejuaraan internasional yang merupakan agenda olahraga dua tahunan yang melibatkan atlet dari universitas negara-negara Asia Tenggara dengan 23 cabang olahraga yang dilombakan. Sementara Liga Futsal Indonesia atau lebih dikenal Pro Futsal League merupakan kompetisi kasta tertinggi futsal di tanah air.

Adapun mahasiswa berprestasi di ASEAN University Games ialah Kharisma Ragil Rakasiwi yang meraih medali emas lead perorangan putri dan medali perak boulder perorangan putri melawan Thailand pada cabang olahraga Panjat Tebing. 

Fathur Roji meraih tiga medali yakni medali emas speed relay team, medali emas boulder perorangan putra dan medali perunggu lead perorangan putra melawan Singapura, Malaysia dan Thailand pada cabang olahraga Panjat Tebing. 

Kemudian Rahmad Adi Mulyono yang meraih medali emas speed relay team dan medali perunggu speed perorangan putra melawan Thailand.

Sementara kompetisi Pro Futsal League 2021 dua mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), UM Surabaya, Samuel Eko Putra Tampubolon dan Aditya Muhammad berhasil menyabet gelar bergengsi yakni Juara Liga Futsal Profesional 2021. 

"Samuel Eko adalah pemain kebanggaan Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia dan Aditya Muhammad adalah tim futsal kebangaan arek-arek Suroboyo," katanya.

Suko menegaskan ke depannya UM Surabaya akan terus memberikan dukungan penuh bagi mahasiswa yang memiliki bakat dan minat di bidang nonakademik, khususnya olahraga.

"Kami ingin mahasiswa tidak hanya bertumbuh pada aspek akademik saja, namun juga aspek nonakademik," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, UM Surabaya mengapresiasi prestasi mahasiswa di bidang nonakademik dalam bentuk beasiswa di setiap tahunnya. (*)

Baca juga: Tiga atlet UM Surabaya sumbang tujuh medali pada ASEAN University Games 2022

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022