Antusiasme warga menyambut perayaan HUT ke-77 RI di Kota Surabaya, Jawa Timur, tinggi, salah satunya dengan memasang bendera Merah Putih di setiap balkon di salah satu apartemen hingga lantai 55.

"Ini bentuk antusiasme warga penghuni apartemen 'One Icon Residence' dalam menyambut HUT ke-77 RI," ujar Building Manager One Icon Residence, Arovakh Bakhtiar, dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, perayaan Hari Kemerdekaan ini tidak hanya dilakukan oleh warga yang tinggal di lingkungan perkampungan atau perumahan, melainkan pula warga penghuni apartemen di Surabaya juga merayakannya.

Salah satunya adalah warga yang tinggal di apartemen One Icon Residence di Jalan Jenderal Basuki Rahmat Surabaya.

Bangunan yang berdiri 55 lantai tersebut, pada setiap balkon kamarnya, terpasang bendera merah putih yang menempel di kaca. 

"Jadi warga kami selama perayaan 17-an (Hari Kemerdekaan) itu ada acara mengheningkan cipta bersama, kemudian setiap balkon memasang bendera Merah Putih. Aksesoris perayaan itu ditempel di kaca mulai dari lantai 1 sampai yang paling tinggi lantai 55," katanya.

Bakhtiar menjelaskan, mayoritas warga yang tinggal di apartemen, sebenarnya memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Sehingga mereka pun meminta izin kepada pihak pengelola apartemen untuk turut serta merayakan Hari Kemerdekaan.

"Jadi warga itu ingin memasang bendera merah putih, kemudian juga ada Surat Edaran (SE) Wali Kota Surabaya tentang pemasangan bendera. Jadi keinginan warga kita akomodir, yang penting tidak menyalahi aturan dan terpasang rapi," kata dia.

Dia juga mengatakan, bahwa pemasangan bendera dilakukan sejak beberapa hari lalu yang dilakukan pada seluruh balkon kamar apartemen One Icon Residence mulai dari lantai 1 sampai 55.

"Pemasangannya H-1 (16 Agustus 2022) semuanya selesai. Kalau kamar itu sudah ada warga yang tinggal, kami minta izin pasang dari dalam. Tetapi kalau tidak ada orangnya, kami pasang pakai gondola," kata dia.

Bakhtiar menjelaskan jika pemasangan bendera merah putih di balkon apartemen One Icon Residence baru tahun ini dilakukan.

Meski demikian, dalam merayakan Hari Kemerdekaan, warga tak hanya melakukan pemasangan bendera saja, tetapi juga menggelar syukuran dan mengheningkan cipta bersama.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Pedoman HUT ke-77 RI Tahun 2022. SE bernomor 003/12520/436.8.6/2022 tersebut, salah satunya berisi tentang imbauan kepada warga agar memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih serentak mulai tanggal 1-31 Agustus 2022. 

"Sehubungan dengan situasi pandemi COVID-19 yang belum berakhir, penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di tingkat kota, dilaksanakan di halaman balai kota dengan mengutamakan penerapan protokol kesehatan," kata Eri.(*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022