Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis, menggelar Seminar dan Sarasehan Perkoperasian bertajuk "Pemantapan Peran Koperasi Sebagai Penggerak Perekonomian Rakyat".

Seminar dan sarasehan ini melibatkan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), mahasiswa, dan beberapa komunitas yang bergerak di bidang usaha perdagangan.

"Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan koperasi tidak hanya menjadi penyalur keuangan, tapi juga bisa memotivasi para pelaku UMKM menjadi berkembang dan maju," kata Bupati Situbondo Karna Suswandi dalam sambutannya di Pendopo Kabupaten Situbondo, Kamis.

Ia menyatakan akan terus berupaya mendukung para pelaku UMKM dengan memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha, agar bisa mengembangkan usahanya.

"Kami ingin para pelaku UMKM mampu bersaing dengan kabupaten lainnya. Tapi juga perlu kami informasikan kalau produk UMKM Situbondo sudah mulai dikirim ke Turki dan Australia," kata Bupati Karna Suswandi.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Situbondo Nugroho mengemukakan ada serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Koperasi Ke-75 di Situbondo. Selain Seminar dan Sarasehan juga mengikuti Seminar di Kota Denpasar, Bali yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat.

"Kita juga menghadiri Hari Koperasi yang dipusatkan di Kediri, dan mengikuti acara puncak koperasi dan pembukaan UMKM," ujarnya.

Pada Jumat, 5 Agustus 2022, akan dilaksanakan kegiatan Koperasi Peduli, yaitu dengan membagikan 250 sembako kepada pelaku UMKM yang kurang mampu serta memberikan santunan kepada anak yatim dan piatu.

Sedangkan puncak acara peringatan Hari Koperasi 2022 akan ditutup dengan senam berhadiah bersama pada Minggu, 6 2022 pagi di Alun-Alun Situbondo. Bersamaan dengan lomba lapak unik dan swafoto kreatif para pengunjung car free day (CFD).

Hari Koperasi kali ini mengusung tema "Transformasi Koperasi Dalam Rangka Meningkatkan Ekonomi Berkelanjutan". Tema ini seiring dengan upaya pemerintah dalam melakukan pembinaan-pembinaan kepada masyarakat khususnya pelaku UMKM melalui Diskoperindag.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022