Ratusan kiai di Kota Surabaya yang tergabung dalam Forum Silaturahim Kiai Kampung se-Indonesia (FOSKKASI) mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024.

"Bersamaan dengan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, kami mendeklarasikan dukungan kepada Pak Ganjar untuk Pilpres mendatang,” ujar Ketua Umum FOSKKASI Nasional Gus Moch Djerdjis Al-Ishaqy di Surabaya, Sabtu.

Deklarasi digelar di Yayasan Pendidikan dan Pesantren Al-Utsmany Jatipurwo, Surabaya, pada Jumat (29/7) malam.

Pada kesempatan tersebut, hadir sekitar 100 kiai, termasuk ribuan peserta yang terdiri dari habib, ustadz, bu nyai dan masyarakat sekitar.

Gus Mamad, sapaan akrabnya, mengatakan FOSKKASI merupakan wadah dari para kiai kampung guna mendorong pemenangan Ganjar Pranowo dalam ajang Pilpres 2024.

Menurut cucu kiai Hisyam Abdul Karim itu, Ganjar dinilai memiliki kedekatan dan peduli terhadap para ulama, egaliter, berwibawa, dan cakap sebagai pemimpin.

Pria yang juga pendiri Yayasan Pendidikan dan Pesantren Al-Utsmany ini mengaku FOSKKASI berkomitmen akan secara masif menyosialisasikan figur Ganjar ke daerah-daerah lain di Jatim.

"Pak Ganjar senantiasa memperhatikan kesejahteraan, keadilan untuk kiai kampung yang memberikan kontribusi untuk bangsa dan negara ini," katanya.

Hal senada disampaikan Koordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar (SDG) Jatim Huriyahi yang menyampaikan bahwa deklarasi kali ini adalah rangkaian kegiatan komunitas menggelar sosialisasi ke daerah-daerah.

"Kami melihat Pak Ganjar adalah sosok merakyat, baik dan akan bisa memberikan kesejahteraan kepada kaum santri,” tuturnya.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022