PT PLN (Persero) mulai memasang Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV Kedinding-Tx Bangkalan Sirkit 3 dan 4 pada lintasan Jembatan Suramadu, Jatim, sebagai upaya lanjutan penambahan keandalan listrik di Pulau Madura.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIP JBTB) Muhammad Ramadansyah di Surabaya, Jumat, mengatakan jaringan transmisi yang terbentang dari Kedinding hingga Tx Bangkalan di Jembatan Suramadu nantinya memperkuat kelistrikan Madura.

Baca juga: Ada pengerjaan SKTT, Gubernur Khofifah pastikan Jembatan Suramadu tidak ditutup

Saat ini, kata dia, Pulau Madura disokong dua sirkit Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Ujung/Kenjeran dan SKTT 150 kV Suramadu 1 & 2 SUTT 150 kV Bangkalan/Gilitimur sehingga untuk menambah keandalan perlu dibangun kembali infrastruktur kelistrikan tambahan.

"Upaya mitigasi kerap kami lakukan untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat. Pengalihan lalu lintas roda 2 ke roda 4 guna kelancaran pemasangan kabel SKTTpun telah berjalan lancar berkat dukungan dan koordinasi dengan stakeholder terkait," katanya.

Baca juga: PLN tambah pasokan daya listrik ke Pulau Madura

Ia menjelaskan pembangunan sirkit 3 dan 4 yang kini dilakukan juga menjadi upaya mitigasi untuk menjaga pasokan dan meningkatkan keandalan kelistrikan.

"Infrastruktur yang dalam proses pembangunan ini nantinya akan memiliki panjang lintasan 16 kms dan direncanakan akan beroperasi pada tahun 2023," ujar Ramadansyah.

Baca juga: Arus lalu lintas roda dua di Suramadu mulai dialihkan

Sebelumnya, pemasangan kabel di bawah jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura itu menyebabkan terjadinya pengalihan lalu lintas.

Pengalihan lalu lintas dilakukan khusus untuk roda 2, yakni dialihkan ke lintasan roda 4 selama 1 tahun yang dibagi menjadi 2 tahapan, yaitu 6 bulan pengalihan untuk arah Surabaya-Madura dan 6 bulan untuk arah sebaliknya.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022