PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur menetapkan 16 desa tematik dengan penguatan ketenagalistrikan sebagai faktor penyokong utama yang tujuannya mendukung program pemerintah dalam mengembangkan potensi daerah.

General Manager PLN UID Jawa Timur Lasiran di Surabaya, Selasa, mengatakan salah desa tematik yang sedang digarap PLN adalah Desa Wisata Bukit Waung Modangan Sumberoto, Kabupaten Malang yang terkenal dengan panorama pantai dan wisata paralayang.

"Kami menetapkan sekitar 16 desa tematik di wilayah Jawa Timur. Tahapan yang kami lakukan pertama mencari gagasan pengembangan desa sehingga dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan partisipasi lokal, kedua menentukan tema-nya, dan ketiga meningkatkan kemandirian ekonomi lokal," kata Lasiran.

Lasiran mengatakan, untuk menyukseskan program itu, PLN telah membangun infrastruktur listrik pada kawasan itu, seperti pada pengoperasian Desa Wisata Bukit Waung Modangan Sumberoto, Kabupaten Malang yang membangun 10 gawang Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM).

Kemudian membangun 19 gawang Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR), pasang baru listrik sebanyak 26 pelanggan 1 phasa, dan 2 pelanggan 3 phasa, dengan total daya 100 kVa yang sudah menyala.

Manager PLN UP3 Malang M. Farqi Faris mengatakan program sebagai bentuk komitmen PLN untuk dapat terus menerangi seluruh wilayah di Indonesia tanpa terkecuali.

Farqi mengimbau untuk seluruh masyarakat berperan menjaga seluruh material dan jaringan PLN, dan juga dapat melaporkan kepada PLN apabila ada pohon yang sudah tumbuh mendekati jaringan agar dirabas segera oleh PLN.

"Untuk urusan pembayaran listrik tidak perlu khawatir karena semuanya bisa akses melalui aplikasi PLN Mobile," kata Farqi.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022