Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bersama Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi melakukan penanaman 5.000 bibit tanaman bakau dalam rangka memperingati Hari Mangrove se-Dunia Selasa, 26 Juli 2022.

Penanaman mangrove atau bakau dilaksanakan di Pantai Cemara, Kecamatan Kota Banyuwangi, dengan luasan 10,2 hektare.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Sugirah, Komandan Kodim 0825 Banyuwangi Letkol Kav Eko Julianto Ramadan, Kapolresta Banyuwangi Kombes Polisi Deddy Foury Millewa, dan juga melibatkan kelompok masyarakat, Pramuka, pelajar serta mahasiswa.

"Ini dalam rangka memperingati Hari Mangrove se-Dunia yang jatuh 26 Juli, sekaligus memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI," ujar Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori.

Menurut ia, kegiatan yang sama juga dilakukan pada 77 titik di seluruh Indonesia. Khusus di Banyuwangi dilakukan di kawasan Pantai Cemara dan Pantai Teluk Pang Pang.

"Di Pantai Cemara 3.500 bibit dan Pantai Pang Pang 1.500 bibit, total semua 5.000 bibit mangrove," katanya.

Letkol Ansori berharap seluruh tanaman bakau itu bisa tumbuh dengan baik. Untuk itu, pihaknya sudah bekerja sama dengan Pokmaswas, Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan hidup untuk perawatan mangrove yang sudah ditanam.

"Kami edukasi, tadi disampaikan bagaimana cara penanaman dan perawatan. Nanti akan kami pantau terus bagaimana perkembangannya. Harapannya semua tumbuh," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Sugirah mengatakan kegiatan penanaman bibit bakau ini merupakan salah satu tindakan preventif untuk mengatasi dan mencegah abrasi pantai.

Kata Sugirah, Pemkab Banyuwangi secara bersama-sama mendukung kegiatan tersebut. Kegiatan serupa juga sudah dilakukan di beberapa tempat, seperti wilayah Pantai Pancer, Pulau Merah, dan wilayah Wongsorejo.

"Dengan cara-cara seperti ini, kami semua berharap ekosistem pantai bisa terjaga dengan baik," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022