Pebalap sepeda asal Jawa Tengah Terry Yudha Kusuma dan Ayustina Delia Priatna (asal Jawa Barat) berhasil meraih jersey Merah Putih, sekaligus meraih medali emas nomor criterium, pada Kejuaraan Nasional Balap Sepeda, Indonesia National Championship (INC) 2022 di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (17/7).

Terry yang bertanding di kelas Man Elite, finish terdepan dengan catatan waktu 37 menit 57.131 detik, disusul Bernard Benjamin Van Aert (Mula) asal Kalimantan Barat di posisi kedua dengan 37 menit 57,238 detik, sedangkan M Nur Fatoni (Mula) asal Yogyakarta finish di urutan ketiga dengan catatan waktu 37 menit 57,847 detik.

Balap sepeda nomor criterium sepanjang 2,2 KM yang melintasi Kota Banyuwangi sebanyak 12 putaran itu berjalan cukup seru, karena beberapa pebalap nasional, seperti Aiman Cahyadi (Mula), Odie Poernomo (Nusantara Cycling), Delton Nur Arif Paryugo (KGB), dan beberapa pebalap lainnya secara bergantian memimpin rombongan.

Bahkan, memasuki putaran kesepuluh, formasi masih didomininasi tim-tim besar, seperti Mula, KGB dan Nusantara. Memasuki lap terakhir para pebalap mulai meningkatkan kecepatannya. Di 250 meter menjelang finish, Terry yang berasal dari Kelapa Gading Biker (KGB) itu mulai menyerang, yang diikuti Bernard, dan Nur Fatoni.

Pada 50 meter menjelang finish, Terry dan Bernard langsung menyodok ke depan, hingga akhirnya menyentuh garis finish. Terry berhak mendapatkan medali emas setelah menyentuh garis finish pertama dan diikuti Bernard.
Salah seorang pebalap perempuan yang mengikuti Kejurnas Balap Sepeda INC 2022 di Banyuwangi. Minggu (17/7/2022) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)

Terry mengakui kemenangannya berkat kerja sama tim yang baik, dengan membuka jalan saat melakukan sprint 300 meter menjelang finish. Menurutnya, medali emas yang diraih dipersembahkan untuk keluarga dan tim KGB yang selalu memberikan dukungan.

"Tadi cukup ketat, tapi saat 300 meter menjelang finish saya mencoba untuk sprint, kemudian diikuti Bernard. Saya bersyukur bisa menang di Kejurnas ini," tutur Terry.

Untuk kategori U-23 putra, pebalap asal Jawa Timur, Muhammad Andy Royan (Mula) sukses meraih emas dengan catatan waktu 38 menit 52.369 detik. Angga Dwi Wahyu (Dr J Cycling) Jawa Timur di posisi kedua dengan 38 menit 53,932 detik dan Adithia Alung Nugraha (KJS Bike) asal Kalimantan Timur meraih medali perunggu dengan catatan waktu 38 menit 54,080 detik.

Sementara di kategori women elite, jersey Merah Putih diraih pebalap asal Jawa Barat Ayustina Delia. Pebalap dari Kelapa Gading Biker (KGB) itu finish terdepan dengan catatan waktu 29 menit 41.805 detik.

Di posisi kedua Liontin Evangelina (Yogyakarta) dengan 29 menit 42,434 detik. Sementara di posisi ketiga Gita Widya Yunika (KIC) Jawa Barat dengan catatan waktu 29 menit 44,926 detik.

Kategori U-23 putri, medali emas diraih Ananda Diva Saputri dari Yogyakarta dengan catatan waktu 32 menit 56,607 detik. Farenty Putri Jawa tengah di posisi kedua 32 menit 56,841 detik, dan pebalap Banyuwangi Chika Arinda (KIC) Jawa Timur meraih medali perunggu dengan catatan waktu 32 menit 56,958 detik. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022