Lebih kurang 500 pebalap dari 27 provinsi siap bersaing pada kejuaraan nasional balap sepeda Indonesian National Championship yang diselenggarakan di Kabupaten Banyuwangi pada 15 hingga 24 Juli 2022.

Ratusan pebalap tersebut akan berlomba pada kelas road bike dan sepeda gunung (MTB) untuk memperebutkan jersey Merah Putih yang menjadi tanda sebagai pebalap terbaik nasional.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Parama Nugroho dalam keterangannya di Banyuwangi, Jumat, mengatakan animo peserta yang mengikuti kejurnas kali ini cukup besar karena dari 34 pengurus provinsi ISSI, hanya tujuh yang absen. Jumlah peserta itu merupakan terbanyak selama pelaksanaan kejurnas balap sepeda diselenggarakan.

"Pesertanya hampir 500 pebalap. Ini jumlah peserta terbanyak selama pelaksanaan kejurnas balap sepeda," kata Parama.

Kejurnas balap sepeda INC 2022 memperlombakan 70 nomor, masing-masing untuk disiplin road terdiri atas individual time trial (ITT), individual road race (IRR), dan criterium, dengan total 39 nomor lomba.

Pada disiplin MTB melombakan cross-country eliminator (XCE), cross-country Olympic (XCO), cross-country relay (XCR), downhill, dan enduro, dengan total 31 nomor lomba.

"Peserta lomba mulai kategori umur youth, junior, U-23, dan elite, baik putra maupun putri," tambah Parama.

Ketua Pengkab ISSI Banyuwangi Guntur Priambodo mengatakan hampir seluruh peserta dari berbagai provinsi sudah datang di Banyuwangi, bahkan beberapa hari terakhir sudah terlihat beberapa atlet mencoba trek yang akan digunakan untuk kejurnas.

"Kejurnas balap sepeda INC 2022, bukan sekadar event olahraga, melainkan menjadi ajang untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. Para peserta menempati hotel dan penginapan di Banyuwangi sehingga akan berdampak pada ekonomi masyarakat," ujar Guntur.

Kejurnas INC 2022 akan diawali disiplin road dengan nomor Individual Time Trial (ITT) pada Sabtu, 16 Juli 2022, dengan start do depan kantor PUDAM layanan Gambiran. Selanjutnya hari kedua nomor Criterium dengan start di depan kantor Pemkab Banyuwangi pada Minggu (17/7) dan Senin (18/7) melombakan Individual Road Race (IRR) dengan start dari depan Pemkab Banyuwangi dan finis di Perkebunan Kalibendo.

Kemudian pada Kamis (20/7) giliran perlombaan disiplin MTB dimulai, yakni nomor Cross Country (XC) di Agatis Forest Track yang berada di Dusun Rembangan, Desa Banjar, Kecamatan Licin. Setelah itu, berlanjut pada 22-23 Juli nomor Downhill di Gantasan Bike Parik Desa Tamansari, Licin, dan terakhir pada 24 Juli perlombaan nomor Enduro di Agatis Forest Track, Desa Banjar, Licin.

Pewarta: Fiqih Arfani/DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022